SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Praktikum Mata Kuliah Kesekretarisan untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang

Sayekti Tutut Purwo

Abstrak


RINGKASAN

Sayekti, Tutut Purwo. 2018. Pengembangan Modul Praktikum Mata Kuliah Kesekretarisan untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Manajemen, Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M.

 

Kata kunci : Modul, praktikum, mata kuliah kesekretarisan

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan produk berupa Modul Praktikum Mata Kuliah Kesekretarisan untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang serta mengetahui kelayakan Modul Praktikum Mata Kuliah Kesekretarisan yang telah dikembangkan melalui uji validasi oleh ahli materi, ahli modul dan mahasiswa sebagai pengguna.

Penelitian dan pengembangan instrument penilaian ini menggunakan model R & D menurut Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Adapun tahap-tahap penelitian dan pengembangan ini yaitu:

(1) Studi Pendahuluan;

(2) Perencanaan;

(3) Pengembangan;

(4) Validasi ahli;

(5) Revisi Produk;

(6) Uji coba Terbatas;

(7) Revisi Produk;

(8) Uji coba Lapangan;

(9) Revisi dan Produk Akhir.

Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli modul, subyek ujicoba pengguna dilakukan melalui ujicoba terbatas dan ujicoba lapangan. Subyek ujicoba terbatas terhadap 6 orang mahasiswa dan subyek ujicoba lapangan terhadap 34 orang mahasiswa semester 6 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data Kuantitatif berupa skor penilaian dari angket dan data kualitatif berupa komentar dan saran. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan persentase.

Produk hasil penelitian dan pengembangan berupa modul praktikum pada kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran yaitu mata kuliah Kesekretarisan dalam bentuk cetak. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa modul praktikum kesekretarisan memperoleh persentase 97.39% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan validasi yang dilakukan oleh ahli modul memperoleh persentase  96,67% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji pengguna melalui ujicoba terbatas memperoleh persentase 89,74 %  dengan kriteria “mudah digunakan” sedangkan hasil ujicoba lapangan sebesar 87,96% dengan kriteria “mudah digunakan”.

Saran dari peneliti untuk penelitian selanjutnya adalah perlu dilakukan uji keefektifan produk dan  melanjutkan  penelitian hingga tahap implementasi serta diseminasi produk yang telah dikembangkan.