SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Brand Ambassadordan Kualitas Produkterhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Oppo Di Oppo Store Malang Plaza

Widyasari Dian Fika

Abstrak


ABSTRAK

Widyasari, Dian Fika. 2019. Pengaruh Brand Ambassador dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo di Oppo Store Malang Plaza.Skripsi Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: Dr. Djoko Dwi Kusumajanto, M.Si

 

Kata Kunci: brand ambassador,kualitas produk, keputusan pembelian, Oppo.

Di era komunikasi Indonesia sekarang ini yang semakin maju atau bisa disebut dengan era digital, segala keperluan manusia semakin dipermudah dengan adanya teknologi komunikasi.Hal ini berdampak pada perkembangan pada teknologi komunikasi secara cepat sehingga berdampak terhadap sistem komunikasi yaitu smartphone. Produk – produk smartphone dari berbagai perusahaan mulai memasuki pangsa pasar Indonesia. Berbagai Merek lokal maupun luar negeri memasuki pasar smartphone di Indonesia, salah satunya yaitu Oppo.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) Deskripsi brand ambassadordan kualitas produk serta keputusan pembelian

(2) Pengaruh brand ambassadordan kualitas produkterhadap keputusan pembeliansecara parsial pada smartphone merek Oppo

(3) Pengaruh brand ambassadordan kualitas produk terhadap keputusan pembeliansecara simultan pada smartphone merek Oppo

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pembelismartphone merek Oppo yang melakukan pembelian di Oppo Store Malang Plaza. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 sampel dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan asumsi klasik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:

(1) menurut persepsi pelanggan brand ambassadordan kualitas produkrata-rata memiliki nilai yang baik serta keputusan pembeliansmartphone merek Oppo juga memiliki nilai yang baik.

(2) Secara Parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel brand ambassador terhadap keputusan pembeliansmartphone merek Oppo, serta terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produkterhadap keputusan pembeliansmartphone merek Oppo.

(3) Secara Simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel brand ambassadordan kualitas produkterhadap keputusan pembeliansmartphone merek Oppo. Saran untuk perusahaan yaitu lebih meningkatkan kinerja seorang brand ambassador lalu juga selalu memberikan teknologi yang terbaru dalam produknya dan sesuai standart dalam memenuhi apa yang konsumen mereka inginkan dan dibutuhkan.