SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Negeri Mojoagung Jombang

ILMA ARIFANTI

Abstrak


Perkembangan teknologi dan informasi saat ini semakin pesat. Penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan semakin marak. Seorang guru di tuntut untuk mampu merancang pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sistem penyampaian materi yang disajikan dengan menggunakan alat bantu seperti komputer atau laptop kepada peserta didikyang di dalam proses pembelajarannya tidak hanya melihat dan mendengar, tetapi juga memberikan respon umpan balik.Penggunaan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membut bahan ajar elektronik seperti aplikasi lectora inspire. Aplikasi lectora inspire merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat presentasi sejenis power point akan tetapi mempunyai fitur yang jauh lebih lengkap dari aplikasi power point.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu:

(1) menghasilkan produk media pembelajaran berbasis lectora inspireyang layak digunakanuntuk peserta didikpada mata pelajaran Teknologi Perkantoran dengan kompetensi dasar menerapkan pengoperasian aplikasi presentasi pada peserta didik Kelas X program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri Mojoagung Jombang, dan

(2) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran dengan kompetensi dasar menerapkan pengoperasian aplikasi presentasi.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari 4D dari Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (dalam Trianto 2012:93), melalui tahap-tahap sebagai berikut:

(1) Tahap Pendefinisian,

(2) Tahap Perancangan,

(3) Tahap Pengembangan, dan

(4) Tahap Penyebaran. Instrumen pengumpulan data diperoleh dari wawancara, angket, dan tes. Subjek dari penelitian ini yaitu uji coba kelompok terbatas terdiri dari 9 orang peserta didik dari kelas X OTKP 2 dan uji coba kelompok besar yang dilakukan oleh kelas X OTKP 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa dan kelas X OTKP 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa.

 

Produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran teknologi perkantoran dengan kompetensi dasar 3.5 menerapkan pengoperasian aplikasi presentasi dan 4.5 mengoperasikan aplikasi presentasi yang disimpan dalam format .exedi dalam CD/DVD. Hasil validasi oleh ahli media memperolehpresentase 98,34%, untuk hasil validasi oleh ahli materi memperoleh presentase 97,6%, dan untuk tanggapan dari uji coba kelompok terbatas memperoleh hasil sebesar 88,69%. Dari hasil validasi oleh kedua validator ahli media dan ahli materi dan dari hasil tanggapan angket uji coba kelompok terbatas tersebut menyatakan media pembelajaran berbasis lectora inspire sangat valid, sangat efektif, dan dapat dipergunakan tanpa revisi. Hasil belajar peserta didik pada uji coba lapangan yang dilakukan pada kelas X OTKP 1 sebagai kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 79,37%, dan X OTKP 2 sebagai kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 82,41%. Jadi, penggunaan media pembelajaran berbasis lectora inspireini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.