SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis muatan nilai-nilai karakter pada Buku Siswa SD/MI Kelas III Tema 8 Praja Muda Karana Revisi 2018.

NUR FAJRI MAULYDIA

Abstrak


Nilai-nilai karakter seharusnya termuat dalam buku ajar. Salah satunya adalah buku siswa SD/MI kelas III Tema 8 Praja Muda Karana Revisi 2018. Berdasarkan temuan sebelumnya, dapat diketahui bahwa pengintegrasian nilai-nilai karakter pada buku ajar belum memadai, sehingga peneliti bermaksud melakukan penelitian pada buku yang berbeda. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang termuat dalam bagian informasi pendukung, bagian petunjuk kerja/kegiatan, dan bagian tagihan kerja/kegiatan pada buku siswa SD/MI kelas III tema 8 praja muda karana revisi 2018.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian inia dalah buku siswa SD/MI kelas III Tema 8 Praja Muda Karana Revisi 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku tersebut telah memuat nilai-nilai karakter. Bagian informasi pendukung telah memuat 5 nilai karakter utama. Nilai karakter yang sering muncul dibagian informasi pendukung adalah nilai karakte rgotong-royong. Nilai karakter baru pada bagian informasi pendukung adalah adil. Bagian petunjuk kerja/kegiatan hanya memuat 4 nilai karakter utama yang tidak memuat nilai karakter religius. Nilai karakter yang sering muncul di bagian petunjuk kerja/kegiatan adalah gotong-royong. Nilai karakter baru pada bagian petunjuk kerja adalah cermat.Bagian tagihan kerja/kegiatan hanya memuat 4 nilai karakter utama yang tidak memuat nilai karakter integritas. Nilai karakter yang sering muncul di bagian tagihan kerja/kegiatan adalah nilai karakter nasionalis. Nilai karakter nilai karakter baru padat agihan kerja/kegiatan adalah cermat dan berpikir kritis.

Berdasarkan penelitian ini,disimpulkan bahwa pada bagian informasi pendukung telah memuat 5 nilai karakter utama, pada bagian petunjuk kerja/kegiatan hanya memuat 4 nilai karakter utama, dan pada tagihan kerja/kegiatan hanya memuat 4 nilai karakter utama.Saran kepada

(1) guru untuk mengembangkan nilai-nilai karakter yang belum termuatdalam 5 nilaikarakterutama yang dikontrakkanolehkurikulum 2013 dan guru dapat menambahkan nilai-nilai karakter yang belum termuat dalam buku siswa,

 

(2)Bagi penerbit sebagai bahan evaluasi atau pertimbangan dalam meningkatkan kualitas buku yang telah dikembangkan terutama berkaitan dengan muatannilai-nilaikarakter yang ada di dalambukusiswa, (3) Bagi penelitilain, diharapkan  .