SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SDN Kotalama 4 Kota Malang

IRMA NADIA

Abstrak


Tujuan penelitian ini yaitu

(1) mendeskripsikan pelaksanaan penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah yang meliputi pembiasaan rutin, pembiasaan spontan, pembiasaan keteladanan, dan pembiasaan terprogram,

(2) mendeskripsikan nilai-nilaikarakter yang tampak dalam budayas ekolah yang meliputi pembiasaan rutin, pembiasaan spontan, pembiasaan keteladanan, dan pembiasaan terprogram.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Peneliti berperan sebagai instrumen, kunci untuk mengumpulkan data-data yang diperoleh dilapangan. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru kelas, guru agama, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan setelah mendapatkan beberapa data melalui berbagai sumber. Analisi data dalam penelitian ini menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pemaparan serta penegasan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah yang dilaksanakan di SDN Kotalama 4 Kota Malang yakni melalui pembiasaan rutin, pembiasaan spontan, pembiasaan keteladanan, dan pembiasaan terprogram.

(1) Pembiasaan rutin seperti berjabat tangan pagi dans epulang sekolah, upacara bendera hari Senin, membaca do’a, asmaulhusna, dan surat pendek, literasi, menyanyikan lagu wajib nasional, berbaris sebelum memasuki kelas, piket kelas, senam, infaqhari Jum’at, solat dhuhur berjamaah dan Jum’at bersih.

(2) Pembiasaan spontan seperti makan sambil duduk, membuang sampah di tempat sampah sesuai dengan jenisnya, dan antri.

(3) Pembiasaan keteladanan seperti menggunakan bahasa yang baik, berpakaian rapi, dan tidak datang telambat.

(4) Pembiasaan terprogram seperti memperingati hari kemerdekaan Indonesia, memperingati hari raya IdulAdha, program screening oleh Puskesmas.

 

Kesimpulan penelitian ini yaitu pelaksanaan penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah seperti pembiasaan rutin, pembiasaan spontan, pembiasaan keteladanan, dan pembiasaan terprogram dapat memunculkan karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Untuk karakter yang belum muncul pada siswa, hendaknya sekolah membuat program yang dapat menumbuhkan karakter tersebut.