SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Elektronik (E-module) Berbasis Epub Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Peserta Didik Kelas X OTKP SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kab. Malang)

DINA CAMILA

Abstrak


Kata Kunci: E-module, Epub, Administrasi Umum, Hasil belajar

Penelitian Pengembangan ini didasari oleh terbatasnya media pembelajaran pada mata pelajaran Administrasi Umum yang sesuai dengan kurikulum 2013. Pengembangan pada media pembelajaran ini berbasis epub yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Tujuan penelitian ini adalah

1) untuk menghasilkan modul elektronik (e-module) berbasis epub untuk mata pelajaran Administrasi Umum pada KD (3.8) Memilih peralatan kantor dalam kegiatan administrasi dan KD (4.8) Menggunakan peralatan kantor dalam kegiatan administrasi,

2) untuk mengetahui kelayakan e-module pada mata pelajaran Administrasi Umum berbasis epub pada pada KD (3.8) Memilih peralatan kantor dalam kegiatan administrasi dan KD (4.8) Menggunakan peralatan kantor dalam kegiatan administrasi,

3) untuk mengetahui efektifitas e-module pada mata pelajaran Administrasi Umum berbasis epub pada KD (3.8) Memilih peralatan kantor dalam kegiatan administrasi dan KD (4.8) Menggunakan peralatan kantor dalam kegiatan administrasi.

Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Borg & Gall dengan langkah-langkah yang telah disesuaikan dengan keadaan lapangan dan batas waktu yang diberikan sekolah, yaitu

1) Penelitian dan pengumpulan informasi awal,

2) Perencanaan,

3) Pengembangan format produk awal,

4) Uji coba produk awal,

5) Revisi hasil uji coba awal

6) Uji coba kelompok kecil,

7) Revisi produk hasil uji coba kelompok kecil,

8) Uji pemakaian,

9) Produk akhir.

Validasi media pembelajaran dilakukan oleh 1 orang dosen jurusan manajemen program studi Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai validator ahli media, 1 orang guru mata pelajaran Administrasi Umum SMK Cendika Bangsa Kepanjen sebagai validator ahli materi, dan 6 siswa kelas X OTKP SMK Cendika Bangsa Kepanjen sebagai validator pengguna.

Hasil validasi oleh ahli media diperoleh sebesar 80% yang dinyatakan cukup valid, hasil validasi oleh ahli materi diperoleh sebesar 94,73% yang dinyatakan sangat valid, dan hasil uji coba terbatas oleh guru yang dialkukan secara langsung dikelas untuk mengetahui kelayakan instrumen yang telah diterapkan memperoleh hasil sebesar 91,17% yang dinyatakan sangat valid. Setelah melaksanakan pembelajaran pada kelas kontrol dan kelas ekeperimen diperoleh rata-rata nilairanah kognitif untuk kelas kontrol sebesar 72,45 dan untuk kelas eksperimen 86,95 dan hasil rata-rata nilai praktik psikomotorik kelas kontrol sebesar 89,38 dan kelas ekperimen sebesar 96,24.

 

Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu untuk mengembangkan Kompetensi Dasar yang lain, karena materi yang tersedia dalam e-module hanya berbasis pada satu kompetensi dasar pada mata pelajaran Administrasi Umum kelas X OTKP serta menyempurnakan dengan menggunakan beberapa aplikasi/software yang lain agar bisa membuat kuis interaktif.