SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Insentif dan Keadilan Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Bagian Produksi PT Gatra Mapan)

RAHMA AMI FEBRIANTI

Abstrak


Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan. Kinerja tidak dapat berdiri sendiri melainkan kinerja juga berhubungan dengan tingkat besaran imbalan yang diterima. Pada dasarnya,  insentif merupakan pemberian perusahaan atas prestasi kerja karyawannya untuk mewujudkan hubungan mutualisme antara perusahaan dengan karyawan. Selain itu, adanya keadilan organisasional merupakan isu penting bagi keberhasilan sebuah perusahaan karena ha lini memiliki hubungan langsung dengan kinerja para karyawan. Perusahaan perlu untuk memperhatikan factor seperti kepuasan atas insentif yang diterima dan keadilan organisasional agar dapat meningkatkan kinerja karyawan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) untuk mendeskripsikan persepsi atas kepuasan insentif yang diterima oleh karyawan dan keadilan organisasional terhadap karyawan bagian produksi PT GatraMapan

(2) untuk mengetahui apakah insentif berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan bagian produksi PT Gatra Mapan

(3) untuk mengetahui apakah keadilan organisasional berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan bagian produksi PT GatraMapan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian produksi PT GatraMapandenganjumlah 218 karyawan. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 84 responden.

Hasil penelitian ini menunjukkan

(1) kondisi insentif dan keadilan organsiasional karyawan bagian produksi PT Gatra Mapandalamkategoritinggi atau baik

(2) kondisi keadilan organsiasional karyawan bagian produksi PT GatraMapan dalam kategori tinggi atau baik

(3) kinerja karyawan bagian produksi PT Gatra Mapan dalam kategori tinggi

(4) terdapat pengaruh positif signifikan insentif terhadap kinerja karyawan

(5) terdapat pengaruh positif signifikan keadilan organisasional terhadap kinerja karyawan.

Saran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah

(1) bagi PT Gatra Mapan untuk dapat membuat suatu perjanjian awal dengan karyawan mengenai apa yang akan diberikan perusahaan kepada karyawan apabila karyawan mendapatkan bonus atas suatu hasil kinerja tertentu; meningkatkan koordinasi dengan karyawan terkait dengan keputusan yang menyangkut pekerjaan karyawan; memberikan reward kepadakaryawan yang bersedia dan berhasil melakukan tugas yang menantang

 

(2) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengkaji lebih dalam instrumen yang digunakan dalam penelitian agar hasil yang diperoleh lebih lengkap akurat dan menguji variable keadilan organisasional dengan memisahkan berdasarkan jenisnya (menguji secara parsial) dan hanya menggunakan jenis keadilan organisasional yang relevan dengan penelitian.