SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Budaya Organisasi dan Komunikasi Internal terhadap Employee Engagement Karyawan RS. Wava Husada Kepanjen Kab.Malang

HERMANSYAH AGUS

Abstrak


ABSTRAK

Hermansyah A. 2019. Pengaruh Budaya Organisasi dan Komunikasi Internal terhadap Employee Engagement Karyawan RS. Wava Husada Kepanjen Kab.Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas   Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Elfia Nora, S.E., M.Si.

 

Kata Kunci : Budaya organisasi, Komunikasi Internal dan Employee, Engagement

Employee engagement merupakanhal yang sangatpenting yang harus diperhatikan oleh perusahaan Karyawan dapat bekerja secara maksimal maka mereka harus terikat. Rasa engaged adalah suatu keterkaitan, keterlibatan, komitmen, keinginan untuk berkontribusi, rasa memiliki , loyalitas, dan rasa bangga terhadap pekerjaan dan  Juga perusahaannya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi employee engagement. Dalam penelitian ini peneliti mengguanakan variabel budaya organisasi dan komuikasi internal dalam mengkaji employee engagement. Objek penelitian yaitu di RS.Wava Husada Kepanjen. Dalam objek penelitian diperoleh suatu problem salah satunya dimana karyawan masih banyak yang bercanda saat bekerja, selain itu komunikasia ntar karyawan juga kurang harmonis antar karyawan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan komuniaksi internal terhadap employee engagement. Selain itu tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikankondisi budaya oraganiasi, komunikasi internal dan employee engagementkaryawan RS. Wava Husada. Penelitian inimenggunakanpendekatan kuantitatif dengan ujianalisis regresi berganda. Sampel pada penelitian ini berjuamlah 169 responden. Metode pengumpulan data mengguanakan angket kuisioner.

Hasil penelitian menunjukkan secara parsial bahwa budaya organisasi berpengaruh positif terhadap employee engagement karyawan RS.Wava Husada Kepanjen, komunikasi internal juga memberikan pengarh positif terhadap employee engagement karyawan RS.Wava Husada.Sedangakn Kondisisi budaya organiasi dalam hasil penelitian menjukkan keadaan baik atau tinggi, komunikasi internal juga dalam keadaan baik atau tinggi sedangkan employee engagement dalam hasil penelitian juga menunjukkan hasil yang sama yaitu   dalam keadaan baik.

 

Saran dalam penelitian ini kepada pihak manejemen Sumberdaya Manusia RS. Wava Husada Kepanjen untuk tetap memperhatikan budaya orgnisasi serta meningkatkan komunikasi internal antar karyawan yang ada dalam perusahaan. Terutama kejujuran serta keterbukaan antar karyawan dalam menyampaikan informasi agar tidak terjadi kesalahpahaman antar karyawan.