SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS FAKTOR UNTUK MENENTUKAN MODEL PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP TURNOVER INTENTION PERAWAT DI RUMAH SAKIT WAVA HUSADA KAB.MALANG

HERMANTO AGUS

Abstrak


ABSTRAK

Hermanto, Agus. 2019. Analisis Faktor Untuk Menentukan Model Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Turnover Intention Perawat di Rumah Sakit Wava Husada Kepanjen Kab. Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Sopiah, M.Pd. M.M

 

Kata Kunci : Pengembangan Karir, Turnover Intention.

Turnover merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh manajamen perusahaan dalam mengelola karyawan. Turnover yang tinggi berdampak pada terganggunya proses produksi, meningkatnya biaya, seperti biaya rekruitmen dan biaya pelatihan. Sebelum karyawan memutuskan untuk keluar atau pindah dari perusahaan karyawan memiliki turnover intention dalam dirinya atau keinginan keluar karyawan dari perusahaan untuk mencari pekerjaan di perusahaan lain. Salah satu progam pengelolaan SDM untuk menekan tinkat turnover intention karyawan adalah dengan memberikan progam pengembangan karir pada karyawan, karena salah satu manfaat dari pengembangan karir adalah untuk menekan tingkat turnover intention. Salah satu masalah yang dihadapi oleh RS. Wava Husada adalah tingkat turnover perawat yang cukup tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Oleh seab itu peneliti melakukan penelitian ini di RS. Wava Husada Kepanjen Kab. Malang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor pembentuk dari variabel turnover intetnion dan pengembangan karir dari perawat RS. Wava Husada karena dengan mengetahui faktor-faktor pembentuk tersebut Perusahaan dapat memanfaatkanya untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada di RS. Wava Husada yaitu mengenai tingkat turnover yang cukup tinggi. Selain itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pengembangan karir terhadap turnover intention.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, dengan  analisis deskriptif, analisis faktor dan uji analisis regresi liner sederhana. Permasalahn tingkat turnover terletak pada Perawat RS. Wava Husada maka populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat RS. Wava Husada yang berjumlah 244, dengan sampel sebanyak 152 yang disebarkan menggunakan teknik proporsional random sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner.

Hasil analisis diskriptif penelitian ini menunjukan kondisi pengembangan karir di RS. Wava Husada tergolong dalam kategori baik dan kondisi turnover intention perawat tergolong dalam kategori cukup. Dari  hasil analisis faktor dalam penelitian ini menunjukan  terdapat 2 faktor  pembentuk variabel pengembangan karir di RS. Wava Husada yang pertama yaitu faktor individu yang terdiri dari minat, Prestasi kerja, Exposure, Tingkat kepuasan, Kesetiaan organisasi dan Kesempatan berkembang. faktor kedua adalah faktor Organisasional yang terdiri dari Dukungan manajemen, Kepedulian atasan, Informasi karir dan Perlakuan adil. Sedangkan  faktor pembentuk dari turnover intentionperawat RS. Wava Husad terdapat 2 faktor yaitu faktor organisasi yang berasal dari lingkungan RS. Wava Husada dan Faktor Individual yang berasal dari dalam diri perawat itu sendiri, faktor organisasional terdiri dari Budaya perusahaan, Lingkungan kerja dan Organisasi. Sedangkan faktor Individual terdiri dari Usia, Lama bekerja, Tingkat pendidikan, Kepuasan kerja, Keikatan terhadap organisasi dan Karakteristik individu. Kemudian hasil uji regresi dalam penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan karir berpengaruh negative signifikan terhadap turnover intention.

 

Saran dalam penelitian ini kepada pihak Manajemen RS. Wava Husada adalah untuk memperhatikan lagi indikator Kepedulian atasan langsung dalam faktor pembentuk pengembangan karir serta indikator budaya perusahaan dalam faktor pembentuk Turnover Intention.