SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Kesejahteraan Psikologis Terhadap Turnover Intention Pada Karyawan Bagian Pelayanan Nasabah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (Bank Jatim) Cabang Tulungagung

DEWI RIANTIKA BUDI KUSUMA

Abstrak


ABSTRAK

Dewi R.B.K. 2019. Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Kesejahteraan Psikologis Terhadap Turnover Intention Pada Karyawan Bagian Pelayanan Nasabah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (Bank Jatim) Cabang Tulungagung. Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Elfia Nora, S.E., M.Si.

 

Kata kunci: Karakteristik Pekerjaan, Kesejahteraan Psikologis, Turnover Intention

Turnover Intention merupakan salah satu persoalan yang sering dihadapi oleh perusahaan. Tingginya tingkat turnover dapat berdampak negatif bagi perusahaan, selain harus mengeluarkan biaya untuk recruitment perusahaan belum tentu bisa mendapatkan pekerja baru yang memiliki kemampuan seperti yang diharapkan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi turnover intention yaitu karakteristik pekerjaan dan kesejateraan psikologis. Karakteristik pekerjaan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi turnover intention, sehingga perushaan harus memperhatikan karakteristik pekerjaan yang diberikan kepada karyawan. Selain itu memperhatikan kesejahteraan psikologis diharapkan dapat meminimalisir keinginan karyawan untuk berpindah kerja.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:

(1) Kondisi karakteristik pekerjaan, kesejahteraan psikologis, danturnover intentionkaryawan bagian Pelayanan Nasabah di PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (Bank Jatim) Cabang Tulungagung,

(2) Pengaruh karakteristik pekerjaan karyawan bagian Pelayanan Nasabah terhadap turnover intention di PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (Bank Jatim) Cabang Tulungagung,

(3) Pengaruh kesejahteraan psikologis karyawan bagian Pelayanan Nasabah terhadap turnover intention di PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (Bank Jatim) Cabang Tulungagung.

Penelitian ini dilakukan pada karyawan bagian Pelayanan NasabahPT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (Bank Jatim) Cabang Tulungagung, yakni perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini dilakukan pada karyawan bagian Pelayanan nasabah sebanyak 58 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa:

(1) Karakteristik Pekerjaan termasuk dalam kategori baik, Kesejahteraan Psikologis termasuk dalam kategori baik, dan Turnover Intention termasuk dalam kategori rendah,

(2) Karakteristik Pekerjaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention, yang artinya H1 diterima,

(3) Kesejahteraan Psikologis berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention, yang artinya H2 diterima.

(4) Kesejahteraan Psikologis memiliki nilai grand mean lebih tinggi dibanding Karakteristik Pekerjaan yang berarti Kesejahteraan Psikologis memiliki pengaruh lebih terhadap turnover intention.

Saran yang diberikan peneliti kepada pihak manajemen PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (Bank Jatim) Cabang Tulungagung yaitu dengan perolehan nilai grand mean yang lebih rendah dibandingkan dengan kesejahteraan psikologis diharapkan perusahaan lebih memperhatikan karakteristik pekerjaan yang ada, memberikan kejelasan pada karyawan terkait tanggung jawab yang diberikan agar karyawan dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik sehingga tidak terjadi kesalah pahaman dalam melakukan pekerjaan. Pada variabel karakteristik pekerjaan item yang memiliki nilai mean terendah ada pada pernyataan berupa karyawan mendapatkan informasi penting terkait kondisi kerja yang sedang dihadapi, diharapkan perusahaan lebih memperhatikan kinerja karyawan sehingga ketika karyawan melakukan kesalahan dalam bekerja dapat segera dievaluasi dan tidak mengakibatkan kesalahan yang fatal.

Selain itu baik perusahaan maupun karyawan diharapkan dapat menjaga lingkungan kerja agar tetap nyaman sehingga hal tersebut dapat meningkatkatkan psikologis karyawan dengan saling menghargai antar karyawan, saling percaya dengan sesama rekan kerja sehingga tercipta suasana yang nyaman dan tidak menimbulkan rasa cemas yang berlebih terhadap sesuatu misalnya rasa takut tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan atau kehadirannya tidak bisa diterima oleh orang lain.

Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan refrensi untuk penelitian dengan menambahkan variabel lain yang lebih bervariasi dan menarik untuk diteliti, misalnya work family conflict. Karena berdasarkan hasil temuan selama penelitian kebanyakan karyawan yang keluar dari perusahaan adalah perempuan dengan faktor keluarga yang melatarbelakangi, sedangkan mayoritas karyawan didunia perbankan adalah perempuan. Maka dari itu bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti lebih dalam lagi penyebab turnover terutama didunia perbankan.