SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS KOMPARATIF RETURN, ABNORMAL RETURN, TVA DAN SRV SEBELUM DAN SESUDAH HARI RAYA IDUL FITRI (Studi pada Perusahaan yang Tergabung dalam Index LQ45 Tahun 2011-2015)

Muhammad Nurul Qarnal Manazil Al Jauzie

Abstrak


Dalam teori efisiensi pasar modal, dinyatakan bahwa dalam pasar yang efisien investor tidak mungkin untuk memperoleh abnormal return. Namun dalam praktiknya, sering kali ditemukan penyimpangan-penyimpangan. Salah satu penyebab penyimpangan-penyimpangan tersebut adalah anomali pasar. Salah satu anomali yang dikenal adalah holliday effect. Idul Fitri merupakan salah satu libur terpanjang di BEI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan return, abnormal return, TVA dan SRV sebelum dan sesudah Idul Fitri pada perusahaan yang tergabuung dalam indeks LQ45. Sampel yang terpilih adalah 19 sampel yang berturut-turut tergabung dalam Indeks LQ45 selama tahun 2011-2015. Data yang dipergunakan adalah data sekunder yaitu data harga saham harian dan jumlah saham yang diperdagangkan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah event study yang akan mengamati pergerakan return saham, abnormal return, TVA dan SRV. Periode pengamatan adalah 3 hari disekitar libur Idul Fitri. Untuk menguji data yang berdistribusi normal digunakan alat uji statistik dengan GLM repeated measure. Sedangkan data yang berdistribusi tidak normal digunakan alat uji statistik nonparametrik friedman.

 

Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya perbedaan return dan abnormal return di sekitar libur Idul Fitri serta adanya perbedaan TVA dan SRV disekitar libur Idul Fitri. Disarankan untuk penelitian selanjutnya untuk menggunakan 1 tahun pengamatan saja.