SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Mindjet MindManager pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis (Studi pada Siswa Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung

SIBORO RATNA SARI

Abstrak


RINGKASAN

Siboro, Ratna Sari. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Mindjet MindManager pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis (Studi pada Siswa Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing, Dr. Suwarni, M.Si.

 

Kata Kunci : media pembelajaran, mindjet mindmanager, penulisan surat niaga

Media pembelajaran adalah alat bantu mengajar untuk menyampaikan materi yang bertujuan supaya pesan lebih mudah diterima dan menjadikan siswa lebih termotivasi dan aktif. Penggunaan media sangat dibutuhkan supaya siswa dapat memahami materi dan sesuai dengan yang disampaikan oleh guru. Salah satunya media pembelajaran  dengan menggunakan Aplikasi Mindjet MindManager. Software/ Aplikasi Mindjet MindManager merupakan salah satu software yang dapat digunakan sebagai media pendukung untuk menyampaikan materi. Berbeda dengan software lain keunggulan media ini bisa menghubungkan dengan software/aplikasi lainya seperti powerpoint, Ms Word, Ms Excel dan lain sebagainya, dengan adanya keunggulan media dapat membantu siswa mempelajari materi, tanpa harus banyak melihat buku, serta juga dapat membantu siswa untuk melakukan proses belajar secara mandiri. Sehingga peneliti memilih Aplikasi/Software Mindjet MindManager sebagai program untuk mengembangkan media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran siswa di dalam kelas maupun secara mandiri dengan pemanfaatan teknologi multimedia.

Peneliti menggunakan angket untuk mengetahui persentase penilaian layak atau tidaknya produk dan respon siswa terhadap produk. Lembar angket diberikan kepada ahli media, ahli materi, dan siswa. Selanjutnya data kuantitatif dan kualitatif yang telah dikumpulkan dianalisis. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara deskriptif. Hasil analisis data yang diperoleh dari validasi ahli media adalah 98% dan validasi ahli materi I dan II adalah 98%. Berdasarkan respon yang diberikan oleh pengguna/siswa dalam uji coba lapangan mendapat persentase sebesar 89,20%.  Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan mendapat respon sangat baik oleh siswa.

Saran yang diberikan berkaitan dengan pemanfaatan produk media pembelajaran  pada Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur penulisan surat niaga dalam bidang bisnis.

(1) Pengguna baik siswa maupun guru disarankan untuk membaca buku petunjuk penggunaan terlebih dahulu agar memudahkan saat mengoperasikan software Mindjet MindManager,

(2) Materi yang disajikan dalam media merupakan materi yang diambil dari buku pedoman guru yang digunakan pada pembelajaran, untuk itu guru dapat memberikan tambahan materi agar siswa juga menerima materi yang lebih update tidak sebatas materi yang ada dalam media pembelajaran tersebut,

(3) Sebaiknya media pembelajaran digunakan pada PC/Laptop

(4) Apabila keteserdiaan fasilitas komputer sekolah atau siswa tidak mendukung maka siswa dapat mengoperasikan menggunakan handphone yang hanya memperlihatkan peta konsep dari materi saja dan guru dapat mengaplikasikannya dengan menggunakan LCD Projector untuk menampilkan media dan membimbing siswa dalam melakukan pembelajaran.

 

SUMMARY

Siboro, Ratna Sari. 2019. Developing Instructional Media by Using Mindjet Mind Manager on Business Communication Subject (Study on the Tenth Grade Students of Online Business and Marketing at SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Sarjana’s Thesis. Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Dr. Suwarni, M.Si.

 

Keywords: instructional media, mindjet mindmanager, business letter writing

Learning media are teaching aids to deliver material that aims to make messages more easily accepted and make students more motivated and active. The use of media is needed so that students can understand the material and in accordance with what is delivered by the teacher. One of them is learning media using the Mindjet MindManager Application. Mindjet MindManager software / application is one software that can be used as a supporting media to deliver material. Unlike other software, the advantages of this media are that it can connect with other software / applications such as Powerpoint, MS Word, Excel and others, with the advantages of media that can help students to learn the material, without having to look at books, and also help students to process learn independently. Therefore, researcher chose the Mindjet MindManager Application / Software as a program to develop learning media to support student learning in the classroom and independently by utilizing multimedia technology.

Furthermore, the researcher used a questionnaire to find out the percentage of assessment of the product's worth or not and students' response to the product. The questionnaire sheet is given to media experts, material experts, and students. Furthermore, the collected quantitative and qualitative data were analyzed. This study uses descriptive data analysis techniques. The results of data analysis obtained from media expert validation were 98% and the validation of material experts I and II was 98%. Based on the response given by the user / student in the field trial, the percentage was 89.20%. Based on these results, it can be concluded that the developed media received a very good response by students.

The advice given relates to the use of instructional media products in Basic Competence of applying the procedure for writing commercial letters in the business field. Then,

(1) Users, both students and teachers, are advised to read the user manual first to make it easier when operating the Mindjet MindManager software,

(2) the material presented in the media is material taken from the teacher manual used in learning, for which the teacher can provide Additional material so that students also receive more updated material is not limited to the material contained in the learning media,

(3) learning media should be used on PC / Laptop,

 

(4) if the school computer facilities or students are not supported, students can operate using mobile phones only shows the concept map of the material only and the teacher can apply it using LCD Projector to display the media and guide students in conducting learning.