SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Locus Of Control, Self Confidence, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar (Studi pada Siswa Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran pada Mata Pelajaran Perencanaan Bisnis di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang)

PANGGABEAN ANGLI MINARTI

Abstrak


RINGKASAN

Panggabean, A.P. Pengaruh Locus Of Control, Self Confidence, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar (Studi pada Siswa Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran pada Mata Pelajaran Perencanaan Bisnis di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang). Skripsi, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Drs. H. Gatot Isnani, M.Si.

 

Kata Kunci: locus of control, self confidence, motivasi belajar, hasil belajar

Pendidikan adalah hal yang dibutuhkan oleh setiap individu dan merupakan aspek yang penting bagi semua negara, tanpa terkecuali negara Indonesia. Proses belajar mengajar adalah kegiatan utama dalam dunia Pendidikan. Berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung pada proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai anak didik. Untuk melihat pencapaian siswa pada proses belajar  dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa ini dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya variabel locus of control, dan sebagainya. Adanya variabel locus of control dapat mendorong siswa untuk berusaha mendapatkan hasil belajar karena yakin  pada kemampuannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui

(1) variabel locus of control, variabel self confidence, variabel motivasi belajar dan variabel hasil belajar;

(2) pengaruh variabel locus of control terhadap variabel hasil belajar;

(3) pengaruh variabel self confidence terrhadap variabel hasil belajar

(4) pengaruh variabel motivasi belajar terhadap variabel hasil belajar.

Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research yaitu mendeskripsikan suatu variabel dan menjelaskan pengaruh hubungan variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah variabel locus of control (X1), variabel self confidence (X2) dan variabel motivasi belajar (X3) dengan variabel terikat yaitu variabel hasil belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang yang berjumlah 107 siswa. Berdasarkan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 85 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan dengan lima skala dimulai dari opsi sangat setuju, setuju, cukup setuju, tidak setuju dan sangat tidak setuju. Jenis data dalam penelitian ini adalah data ordinal yang diubah menjadi data interval melalui MSI (Method  of Successive Interval). Sumber data berasal dari data primer dan sekunder, data primer berasal dari responden dan data sekunder diperoleh dari TU dan Waka. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai gambaran umum, jumlah peserta didik dan hasil belajar berupa nilai rapor semester gasal tahun 2018/2019.

Dalam penelitian ini menggunakan tiga uji asumsi klasik, yaitu

(1) uji normalitas;

(2) uji multikolinearitas;

(3) uji heteroskedastisitas.

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa

(1) variabel locus of control dalam klasifikasi cukup tinggi;

(2) variabel self confidence dalam klasifikasi cukup tinggi

(3) variabel motivasi belajar dalam klasifikasi cukup tinggi;

(4) variabel hasil belajar siswa menunjukkan klasifikasi cukup.

Hasil uji asumsi klasik yaitu:

(1) uji normalitas menunjukkan bahwa model regresi memenuhi asumsi normalitas;

(2) uji multikolinearitas menunjukkan bahwa model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas;

(3) uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

(1) tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel locus of control terhadap variabel hasil belajar;

(2) tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel self confidence terhadap variabel hasil belajar;

(3) tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel motivasi belajar terhadap variabel hasil belajar. Nilai Adjusted R Square -0,031, hasil bernilai negatif yang berarti variabel locus of control, variabel self confidence dan variabel motivasi belajar tidak mempengaruhi variabel hasil belajar. Hasil belajar diduga dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti faktor lingkungan sekolah, kebiasaan belajar, kemandirian belajar, bakat, minat, teman bergaul, motede mengajar guru, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat. 

Peneliti menyarankan;

(1) Kepala sekolah diharapkan untuk membuat kegiatan yang dapat meningkatkan kepercayaan diri, pengendalian diri dan motivasi belajar siswa, dimana pada koesioner terbuka sebagian besar responden menjawab bahwa kepercayaan diri mereka kurang yang ditandai dengan tidak berani tampil di depan kelas, mengungkapkan pendapat dan tidak yakin akan kemampuan diri;

(2) Guru diharapakan lebih sering memberikan stimulus untuk siswa selama proses belajar mengajar. Stimulus tersebut dapat berupa kegiatan agar peserta didik dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dan keyakinan akan kemampuannya serta memberikan dorongan motivasi agar siswa benar-benar menyadari akan pentingnya belajar dengan memberikan pujian jika siswa mengikuti pelajaran dengan baik, dimana pada kuesioner tertutup sebagian besar responden menjawab bahwa mereka tidak setuju jika guru memberikan pujian pada saat mereka mengikuti pelajaran dengan baik;

(3) Siswa diharapkan melakukan kegiatan belajar secara rutin, mempersiapkan diri jauh-jauh hari tidak hanya ketika akan menghadapi ulangan, dengan penguasaan materi yang matang maka akan memberikan rasa percaya diri pada diri siswa. Selain itu siswa diharapkan agar tidak malu bertanya baik kepada guru maupun teman ketika menghadapi kesulitan dalam memahami materi maupun mengerjakan soal;

(4) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian yang lebih lanjut terkait variabel lain yang dapat mempengaruhi variabel hasil pelajar siswa selain dari variabel locus of control,variabel self confidence dan variabel motivasi belajar, misalnya lingkungan sekolah, kebiasaan belajar, kemandirian belajar, bakat, minat, teman bergaul, motede mengajar guru, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat.