SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Studiopada Mata Pelajaran Administrasi Umum untuk Meningkatkan Hasil Belajar

ULFA MAULIDA

Abstrak


RINGKASAN

Ulfa, Maulida. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Studiopada Mata Pelajaran Administrasi Umum untuk Meningkatkan Hasil Belajar(Studi pada Peserta Didik Kelas X OTKP SMK Negeri Mojoagung Kabupaten Jombang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, android studio, hasil belajar.

Pendidikan Abad 21 menuntut peserta didik untuk mengintegrasikan ilmu pengetahuan dengan keterampilan dalam menguasai Teknologi, Media, dan Informasi (TIK). Media pembelajaran memiliki manfaat yang berdampak pada proses pembelajaran seperti menarik perhatian peserta didik, keterjelasan materi, membuat peserta didik tidak mudah bosan, dan membuat peserta didik lebih aktif. Pengembangan media pembelajaran berbasis Android Studio penting dan untuk inovasi dalam pembuatan media yang sudah ada. Pada mata pelajaran ini setiap kompetensi dasar pernah disinggung pada mata pelajaran lainnya, jika salah memilih metode pembelajaran dan media maka peserta didik akan merasa bosan. Media yang digunakan pada mata pelajaran  ini adalah handout yang power teks sehingga peserta didik merasa bosan dan berpengaruh pada proses evaluasi pembelajaran yang tidak dapat dilakukan secara maksimal, dan masalah lainnya adalah belum maksimalnya pemanfaatan gadget atau smartphone. Melalui media pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. Pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk :

1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis Android Studio,

2) Menguji kelayakan media pembelajaran berbasis Android Studio,

3) Mengetahui Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran berbasis Android Studio dan peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis Android Studio.

Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi dengan beberapa tahap:

1) Studi pendahuluan,

2) Perencanaan,

3) Pengembangan draft produk,

4) Validasi ahli,

5) Revisi hasil validasi,

6) Uji coba lapangan terbatas,

7) Revisi produk,

8) Uji coba lapangan,

9) Revisi produk akhir, dan

(10) Produk akhir.

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri Mojoagung Kabupaten Jombang pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kompetensi Dasar 3.8 Memilih Peralatan Kantor dalam Kegiatan Administrasi. Validasi media dilakukan oleh 2 ahli materi, 2 ahli media, dan 44 peserta didik. Tujuan peneliti memberikan test adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar. Soal posttestterlebih dahulu diuji cobakan agar mendapat butir soal yang baik.

Hasil perhitungan 2 validasi materi diperoleh rata-rata sebesar 91%. Hasil perhitungan 2 validasi media diperoleh rata-rata sebesar 96%. Hasil keseluruhan validasi materi dan validasi media diperoleh rata-rata 93,50% yang berarti sangat valid. Hasil perhitungan uji coba lapangan terbatas dengan jumlah 9 peserta didik kelas X OTKP 2 diperoleh rata-rata sebesar 93,24%. Hasil perhitungan uji coba lapangan dengan jumlah 35 peserta didik kelas X OTKP 4 diperoleh rata-rata sebesar 89,09%. Hasil keseluruhan uji coba lapangan terbatas dan uji coba lapangan diperoleh rata-rata sebesar 91,17% yang berarti sangat valid. Saran dan kritik dari validasi materi, validasi media, uji coba lapangan terbatas, dan uji coba lapangan untuk memperbaiki media pembelajaran. Perhitungan hasil ranah kognitif dibantu dengan program SPSS dapat dilihat output pertama Independent Sample T-Testdiperoleh rata-rata hasil belajar posttest berupa soal pilihan ganda peserta didik kelas eksperimen (OTKP 4) yaitu 86,85 sedangkan kelas kontrol (OTKP 1) yaitu 76,25, hal ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dapat dilihat juga standar deviasi kelas eksperimen 8,14, sedangkan kelas kontrol adalah 10,37yang berarti nilai peserta didik kelas eksperimen lebih homogen daripada kelas kontrol, analisis uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (4,803>1,667) dengan probabilitas 1,667) dengan probabilitas