SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KONSEP KEKELUARGAAN DALAM PENGELOLAAN DANA YAYASAN LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK AL-IHSAN MALANG

MUHAMMAD SAMSUL ZAENI

Abstrak


Kata Kunci :Kebijakan Anggaran, Pengelolaan Dana, Kekeluargaan, Yayasan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Al-Ihsan (LKSA)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dana dalam sebuah Yayasan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Al-Ihsan Malang yang berfokus pada kebijakan anggaran dan proses pengelolaan dana yang dilakukan pada Yayasan LKSA Al-Ihsan dan mengungkap makna dari proses pengelolaan dana yang dijalankan selama ini. Yayasan LKSA Al-Ihsan salah satu contoh yayasan yang bersifat sosial dan kemanusiaan dan terletak di Jalan Sidodadi (Sememek), Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Paksaji, Kabupaten Malang. Peneliti tertarik melakukan penelitian pada Yayasan LKSA Al-Ihsan karena salah satu panti asuhan yang dapat mensejahterakan anak asuhnya dengan visi untuk mewujudkan ibadah sosial meningkatkan kesejateraan anak yatim piatu dan fakir miskin menuju kemandiran dimasa depan.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Data diperoleh secara langsung melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan tenik Tringulasi sumber (pengecekan keabsahan data dengan membandingkan data yang diperoleh dari berbagai sumber), Triangulasi teknik (mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda), dan Tringulasi waktu (pengambilan data harus disesuikan dengan kondisi narasumber).

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa anggaran Yayasan LKSA Al-Ihsan lebih sering disebut RAB (Rancangan Anggaran Biaya). RAB ditetapkan oleh para pengurus Yayasan LKSA Al-Ihsan dan diumumkan di depan jamah pengajian umum setiap Minggu terakhir. Dalam proses penyusunan dan penetapan anggaran Yayasan LKSA Al-Ihsan menerapkan sistem gotong-royong dalam menjalankan program-program yayasan kedepannya. Pembuatan RAB memiliki beberapa fungsi yaitu

Pertama adalah perencanaan tentang keuangan yang akan diperoleh yayasan dengan begitu yayasan dapat mengalokasikan dana untuk kegiatan-kegiatan sesuai tujuan.

Kedua adalah sebagai alat untuk komunikasi dan koordinasi antar anggota yayasan.

Ketiga alokasi sumber daya sesuai dengan daftar kegiatan yang dilakukan yayasan.

Keempat alat untuk mendapatkan sumber pendapatan. Fungsi anggaran yang dijalan oleh Yayasan LKSA Al-Ihsan dari yayasan untuk yayasan dan mengutamakan sifat terbuka, transparan, dan legowo (ikhlas). Sumber pendapatan yang diperoleh yayasan dari iuran kegiatan program, donatur, tamu, dan instansi pemerintah. Atas Sumber pendapatan yang diperoleh yayasan selalu menerapkan rasa bersyukur. Proses pengelolaan dana terdapat tiga aspek.

Pertama perencanaan tumbu ketemu totop.

Kedua pelaksanaan tiga kunci kesuksesaan saling membantu, salingtepo seliro,dan saling kerjasama.

 

Ketiga pengawasan dengan pendekatan kekeluargaan, dimusyawahkan, dan dirunding.