SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Inside-Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis (Studi Pada Siswa Kelas X BP 4 Jurusan Pemasaran SMKN 1 Boyolangu Tulungagung)

NINGSIH TRIWULAN OCTARIA

Abstrak


ABSTRAK

Ningsih, TriWulan Octaria. 2019. Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Inside-Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis (Studi Pada Siswa Kelas X BP 4 Jurusan Pemasaran SMKN 1 Boyolangu Tulungagung). Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Ludi Wishnu Wardana, S.T., S.E., S.Pd., M.M.

 

Kata Kunci: Kolaborasi Model Pembelajaran Inside-Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade, Aktivitas Belajar, Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis.

Salah satu permasalahan yang terdapat pada saat proses pembelajaran yaitu aktivitas belajar siswa. Jika aktivitas belajar siswa kurang mendukung saat proses pembelajaran berlangsung maka akan mengganggu proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan masih belum bisa tercapai dengan maksimal. Oleh karena itu, dibutuhkannya model pembelajaran yang tepat dan menarik agar siswa dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran komunikasi bisnis dengan menggunakan kolaborasi model pembelajaran Inside-Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X BP 4 Jurusan Pemasaran di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 28 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, yang mana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri  dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi model pembelajaran Inside-Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini berdasarkan siklus I pertemuan pertama mencapai 71,85% dan pada pertemuan kedua mencapai 82,86%. Pada siklus II pertemuan ketiga mencapai 90,55% dan pada pertemuan keempat mencapai 92,97%. Maka dapat dilihat terjadi kenaikan presentase aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang bisa diberikan adalah kolaborasi model pembelajaran Inside-Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade dapat dipertimbangkan untuk diterapkan dalam mata pelajaran komunikasi bisnis untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Tetapi tidak hanya diterapkam pada mata pelajaran komunikasi bisnis saja, kolaborasi model pembelajaran Inside-Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade  juga dapat diterapkan pada mata pelajaran lain.