SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) Perspektif Kebutuhan Dunia Usaha Dan Dunia Industri (DUDI) Siswa Kelas XI Jurusan Bisnis Daring Dan Pemasaran SMK Negeri 1 Turen

MOHAMMAD HELMI HENDRA

Abstrak


ABSTRAK

Mohammad, Helmi Hendra. 2019. Efektivitas Praktik Kerja Industri (Prakerin) Perspektif Kebutuhan Dunia Usaha Dan Dunia Industri (DUDI) Siswa Kelas XI Jurusan Bisnis Daring Dan Pemasaran SMK Negeri 1 Turen. Skripsi.Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Agung Winarno, M.M.

 

Kata Kunci: praktik kerja industri, kebutuhan dunia usaha dan dunia industri

Prakerin merupakan suatu pelaksanaan pendidikan sekolah menengah kejuruan yang dilaksanakan di luar sekolah atau di tempat industri guna untuk mengasah keterampilan siswa sesuai dengan kompetensi keahlian siswa yang telah dipelajari di sekolah. Program praktik kerja industri dilakukan di beberapa tepat industri atau toko dengan adanya kerjasama SMK Negeri 1 Turen dengan pihak dunia industri. Keefektivan pelaksanan praktik kerja industri di lapangan yang telah dilaksanakan oleh siswa menunjukkan hasil yang sudah efektif, memuaskan, serta ada kepuasan dari pihak dunia usaha dan dunia industri (DUDI) atas adanya program praktik kerja industri yang dilaksanakan oleh siswa SMK Negeri 1 Turen.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala toko masing-masing industri, siswa Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran yang melaksanakan prakerin di DUDI.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

(1) pelaksanaan praktik kerja industri di dunia usaha dan dunia industri diawali dengan adanya proses pengecekan tubuh siswa prakerin, mematuhi peraturan di industri, briefing dari pihak dunia usaha dan dunia industri.

(2) Analisis efektivitas pelaksanaan praktik kerja industri menunjukkan hasil yang baik dan memuaskan terkait pelaksanaan prakerin yang telah dilaksanakan oleh siswa.

(3) faktor mendukung dari pelaksanaan praktik kerja industri berasal dari dukungan orang tua, pihak sekolah, semua siswa, pihak industri, serta adanya reward (gaji) dari toko. Selama pelaksanaan praktik kerja industri tidak ada faktor yang menghambat siswa untuk melaksanakan prakerin.

(4) Model praktik kerja industri yang telah diterapkan pihak industri adalah dengan menerapkan perputaran atau rolling tempat prakerin dari tempat penjualan satu ke tempat penjualan yang lainnya, sehingga penguasaan ilmu siswa semakin bertambah.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti memberikan saran kepada pihak dunia usaha dan dunia industri untuk selalu membimbing siswa prakerin dengan sebaik-baiknya, memberikan pelatihan, memberi ilmu yang bermanfaat kepada siswa prakerin supaya bisa dipergunakan untuk persiapan memasuki dunia kerja di masa yang akan datang. Bagi siswa prakerin peneliti memberikan saran supaya selalu menggali ilmu di dunia usaha dan dunia industri dengan sebanyak-banyaknya supaya ilmunya bisa bermanfat untuk memasuki dunia kerja.