SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-Module Berbasis Aplikasi 3D Page Flip Professional Pada Mata Pelajaran Marketing Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Ponorogo

MARFUAH AKMALUL

Abstrak


Marfuah, Akmalul 2019. Pengembangan E-Module Berbasis Aplikasi 3D Page Flip Professional Pada Mata Pelajaran Marketing Kelas  X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajamen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Rachmad Hidayat, S.Pd.,MPd.

 

Kata Kunci: E-Module, Marketing, 3D Page Flip Professional

Penelitian pengembangan E-Module Marketing dengan memanfaatkan aplikasi 3D Page Flip Professional dilatar belakangi oleh belum tersedianya  E-Module yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan perkembangan IPTEK pada mata pelajaran marketing di SMK Negeri 1 Ponorogo. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Menghasilkan E-Module berbasis aplikasi 3D Page Flip Professional pada mata pelajaran marketing untuk siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Ponorogo, 2) Mengetahui kelayakan E-Module Marketing, dan 3) Mengetahui bagaimana tanggpan siswa dan guru mengenai produk yang telah dikembangkan.

Metode Penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carey (1996) dan terdiri dari lima tahap yakni:

1) Analysis,

2) Design,

3) Development,

4) Implementation, dan

5) Evaluation.

Tahap analysis dilakukan melalui:

(1) Observasi lapangan pada kurikulum, mata pelajaran, guru, dan siswa.

(2) Studi literature melalui penelitian sebelumnya yang relevan,

(3) Analisis dan solusi dimana menawarkan alternatif pemcahan masalah.

2) Tahap Design dilakukan dengan cara menyusun rancangan pengembangan produk.

3) Tahap Development dilakukan melalui pembuatan produk sesuai dengan rancangan dan uji validitas produk oleh ahli beserta perbaikannya.

4) Tahap Implementation dilakukan dengan cara menguji coba produk yang telah dibuat dan direvisi sebelumnya kepada siswa yang dijadikan subjek uji coba yaitu siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran 1 di SMK Negeri 1 Ponorogo.

5) Tahap Evaluation dilakukan untuk mengetahui hasil penlitian dan respon terhadap produk yang telah dikembangkan.

Hasil uji validitas oleh ahli menunjukkan tingkat validitas materi dalam E-Module yang dikembangkan sebesar 99,310% dan tingkat validitas media menunjukkan 98,823%. Sedangkan uji validitas materi oleh guru mata pelajaran marketing menunjukkan tingkat validitas sebesar 97,971%, hasil penelitian yang dilakukan kepada siswa dengan cara uji coba produk ke pengguna menujukkan hasil 93,188%. Produk yang telah dikembangkan menujukkan hasil rata-rata 97,313%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

 

Respon dari pengguna sangat baik dan mendapatkan respon yang positif  yaitu E-Module sangat bagus dan menarik karena dilengkapi dengan gambar, video, dan adanya hyperlink dalam daftar isi. Saran dari pengguna  yaitu dengan menambahkan video dalam E-Module.