SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Peserta Didik

LARASATI MERYANA AYU

Abstrak


ABSTRAK

Larasati, M. A. 2019 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Peserta Didik (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2 SMKN 1 Pasuruan). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. I Nyoman Suputra, M. Si

 

Kata kunci: Numbered Heads Together, Keaktifan Peserta Didik, Prestasi Belajar

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Mata Pelajaran Administrasi Umum kelas X OTKP , didapatkan informasi bahwa tingkat keaktifan dan prestasi belajar yang diperoleh peserta didik kelas X OTKP 2 lebih rendah jika dibandingkan dengan kelas X OTKP 1. Suatu model pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik kelas X OTKP 2. Model pembelajaran tersebut yaitu Numbered Heads Together (NHT).

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk

(1) mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT),

(2) untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan keaktifan peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) pada Mata Pelajaran Administrasi Umum kelas X OTKP 2 SMKN 1 Pasuruan,

(3) untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) pada Mata Pelajaran Administrasi Umum kelas X OTKP 2 SMKN 1 Pasuruan.

(1) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berjalan selama 2 siklus melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan guru dalam penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada peserta didik kelas X OTKP 2 Mata Pelajaran Administrasi Umum di SMKN 1 Pasuruan termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini dapat ditunjukkan pada siklus I persentase kegiatan guru dalam menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sebesar 80.88% sedangkan pada siklus II sebesar 89.41%.

(2) hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada peserta didik kelas X OTKP 2 Mata Pelajaran Administrasi Umum SMKN 1 Pasuruan dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Pada siklus I keaktifan peserta didik sebesar 70.69% sedangkan pada siklus II sebesar 79.13%.

(3) penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada kelas X OTKP 2 SMKN 1 Pasuruan juga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan pada siklus I persentase ketuntasan belajar klasikal prestasi belajar peserta didik sebesar 83.33% dengan rata-rata 74 dan dari 36 peserta didik yang mendapat nilai diatas KKM terdapat 30 peserta didik. Sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar klasikal prestasi belajar peserta didik sebesar 100% dengan rata-rata 97 dan 36 peserta didik mendapatkan nilai diatas KKM.

 

ABSTRACT

Larasati, M. A. 2019. Application of Numbered Heads Together Cooperative Learning Model in General Administrative Subjects to Increase Student Learning participation and Achievement (Study in Class X Students of Automation and Office Management 2 of SMK 1 Pasuruan). Sarjana’s Thesis. Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang, Advisor: Drs. I Nyoman Suputra, M. Si

 

Keywords: Numbered Heads Together, Student participation, Learning Achievement

Based on the interview of General Administration’s teacher, the researcher obtained some information about the participation and learning achievement of class X OTKP 2 lower than class X OTKP 1. A learning model is needed to increase the activeness and learning achievement of OTKP class X students 2. The learning model is Numbered Heads Together (NHT).

This study was conducted with the aim of

(1) knowing the application of Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning model,

(2) determining whether there was an increase in student participation after the Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning model in class X General Administration OTKP 2 of SMKN 1 Pasuruan,

(3) finding out whether there is an increase in achievement after the Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning model is applied in the General Administration Course in class X OTKP 2 of SMK 1 Pasuruan.

(1) This researcher used classroom action research (CAR) which runs for 2 cycles through qualitative and quantitative approaches. The results showed the teacher's activities in implementing the Numbered Heads Together (NHT) learning model to students of class X OTKP 2 General Administration Subjects at SMK 1 Pasuruan was in the excellent category. The result of the study showed that the precentage of teacher’s activities in implementing the Numbered Heads together (NHT) learning model was 80.88% in the first cycle and 89.41% in second cycle.

(2) the results of the study also showed the implementation of the Numbered Heads Together (NHT) learning model to students of class X OTKP 2 General Administration Subjects of SMKN 1 Pasuruan can increase the student’s participation. In the first cycle, the student’s participation was 70.69% and in the second cycle it was 79.13%.

(3) the implementation of the Numbered Heads Together (NHT) learning model in class X OTKP 2 of SMKN 1 Pasuruan can also improve student’s learning achievement. This is shown in the first cycle, the percentage of classical learning completeness in students' learning achievement was 83.33% and 74 in average there were 30 from 36 students scored above the minimum score. In the second cycle, the percentage of classical learning completeness in student learning achievement was 100% and 97 in average. All 36 students scored above the minimum score.