SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING PRO PADA PATA PELAJARAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA KEPEGAWAIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Studi pada Peserta Didik Kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK PGRI Ploso Jombang)

SYADIAH NUR AINI

Abstrak


RINGKASAN

Syadiah, Nur Aini. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Pro pada Mata Pelajaran Otomatisasi dan Tata Kelola Kepegawaian untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi pada Peserta Didik Kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK PGRI Ploso Jombang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Mohammad Arief, M.Si

 

Kata kunci:pengembangan media, media pembelajaran, ispring pro, hasil belajar

Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran dan membantu menambah pemahaman peserta didik dalam menerima materi pembelajaran. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan dapat dilakukandengan cara mengembangkan media pembelajaran. Peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis ispring pro pada mata pelajaran Otomatisasi dan Tata Kelola Kepegawaian sebagai media pembelajaran alternatif yang dapat membantu peserta didik dalam belajar secara mandiri dan menambah pemahaman peserta didik dalam mempelajari materi pembelajaran.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah

(1) untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis ispring pro pada mata pelajaran Otomatisasi dan Tata Kelola Kepegawaian kompetensi dasar menguraikan Daftar Urut Kepangkatan (DUK) pegawai pada peserta didik kelas XI program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran,

(2) untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis ispring pro dengan melakukan validasi media yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan pengguna,

(3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran berbasis ispring pro dengan peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis ispring pro.

Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model penelitian Borg and Gall yang dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian dan pengembangan, keadaan di lapangan dan biaya. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan sembilan langkah, yaitu:

(1) penelitian dan pengumpulan informasi,

(2) perencanaan,

(3) desain produk,

(4) validasi desain,

(5) revisi desain,

(6) uji coba terbatas,

(7) revisi produk,

(8) uji coba pemakaian, dan

(9) hasil akhir.

Validasi media pembelajaran dilakukan oleh dua ahli materi, dua ahli media dan sembilan peserta didik. Jenis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari perhitungan skor pada lembar validasi sedangkan data kualitatif diperoleh dari kritik dan saran yang terdapat pada lembar validasi.

Hasil instrumen validasi ahli materi memperoleh skor 87%, validasi ahli media memperoleh skor 98%, dan uji coba terbatas pada peserta didik memperoleh skor 90% sehingga media pembelajaran dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan tanpa perbaikan. Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 74,21 dengan standar deviasi sebesar 4,97. Nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 69,25 dengan standar deviasi sebesar 8,21. Hasil analisis uji t menunjukan bahwa nilai thitung >ttabel (2,896> 2,009) dengan probabilitas < 0,05 (0,006 < 0,05), maka Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol yang signifikan.

Kajian produk dari penelitian dan pengembangan ini adalah

(1) produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran berbasis ispring pro pada mata pelajaran Otomatisasi dan Tata Kelola Kepegawaian kompetensi dasar menguraikan Daftar Urut Kepangkatan (DUK) pegawai,

(2) hasil validasi oleh ahli materi, ahli media dan peserta didik menunjukan kriteria sangat valid,

 

(3) berdasarkan hasil belajar peserta didik terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Saran pemanfaatan media bagi guru yaitu agar guru menggunakan media pembelajaran berbasis ispring pro sebagai alat bantu untuk menyampaikan materi pelajaran dalam kegiatan pembelajaran. Saran bagi peserta didik yaitu agar peserta didik menggunakan media pembelajaran sebagai sumber belajar.