SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media E-Learning Teknologi Perkantoran Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Peserta Didik di SMK Muhammadiyah 7 Gondnaglegi Kabupaten Malang

Rahmawati Fadhilah

Abstrak


ABSTRAK

Rahmawati, F. 2019. Pengembangan Media E-Learning Teknologi Perkantoran Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Peserta Didik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:Drs. H. Mohammad Arief, M.Si.

 

Kata Kunci: Pengembangan, E-learning, Media, Schoology, Teknologi Perkantoran

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang semakin pesat telah mengubah cara mengajar pendidik dan cara belajar peserta didik. Dalam suatu proses pembelajaran terdapat salah satu unsur yang sangat penting yaitu media pembelajaran. Jika penggunaan media pembelajaran didukung oleh pemanfaatan teknologi yang baik maka dapat tercipta pembelajaran yang menyenangkan. Selain itu, media pembelajaran dapat membangkitkan motivasi, minat, dan pemahaman peserta didik.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan media e-learning berbasis Schoology pada matapelajaran Teknologi Perkantoran, menguji kelayakan media e-learning berbasis Schoology pada matapelajaran Teknologi Perkantoran, dan meningkatkan literasi TIK peserta didik dengan penerapan media e-learning berbasis Schoology di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi.

Prosedur penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada model 4D. Model 4D menurut Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (dalam Trianto, 2012:93) merupakan model pengembangan produk yang paling sesuai dalam menghasilkan media pembelajaran. Model ini dipilih oleh peneliti karena model ini tersusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dalam upaya pemecahan masalah pembelajaran yang berkaitan dengan media ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Model ini terdiri dari 4 tahap yaitu 4D atau bias disebut 4P, yaitu tahap Pendefinisian (Define), tahap Perancangan (Design), tahap Pengembangan (Develop), dan tahap Penyebarluasan (Disseminate).

 

Berdasarkan penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan dihasilkan produk berupa media e-learning Teknologi Perkantoran berbasis Schoology untuk meningkatkan literasi TIK peserta didik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Produk yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat valid dengan skor 97,60% oleh validator ahli materi dan memperoleh kriteria sangat valid dengan skor 98% oleh validator media. Selain itu, hasil uji coba terbatas memperoleh kriteria layak dengan skor 84,4% dan media e-learning berbasis Schoology mendapatkan respon yang baik dari peserta didik.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa media e-learning Teknologi Perkantoran berbasis Schoology yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.