SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI

PURBAYA JOSHUA RADHIAN

Abstrak


ABSTRAK

Purbaya, Joshua Radhian. 2018. Implementasi Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajardan Kreativitas Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Korespondensi (Studi pada Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra, M.Si.

 

Kata Kunci: PBL (Problem Based Learning), Simulasi, Kognitif, Psikomotorik, Hasil Belajar, Kreatifitas.

Berdasarkan hasil observasi peneliti melalui wawancara dengan guru matapelajaran korespondensi diperoleh data bahwa kegiatan korespondensi cenderung menggunakan metode konvensional dalam penyampaian materi terhadap peserta didik sehingga peserta didik menjadi kurang kreatif dalam mengikuti proses pembelajaran dan hasil belajar yang didapat menjadi tidak maksimal. Peneliti memberikan solusi untuk menangani masalah tersebut yang dapat diterapkan oleh guru melalui implikasi kolaborasi model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan Simulasi. Tujuan penelitian ini yaitu membuktikan apakah implementasi kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan simulasi mampu untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas peserta didik pada matapelajaran korespondensi pada KD menerapkan pengelolaan surat elektronik.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sebanyak 38 peserta didik di kelas X OTKP 1. Analisis data penelitian menggunakan analisis data kualitatif yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada setiap siklus penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Hasil dari adanya penelitian ini yaitu:

(1) Implementasi kolaborasi model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan simulasi pada kelas X OTKP 1 matapelajaran korespondensi selama 2 siklus yang sesuai dengan RPP,

(2) Pendekatan pembelajaran dengan menggunakan kolaborasi model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dansimulasi yang berorientasi pada peningkatan hasil belajar dan kreatifitas peserta didik,

(3) Adanya peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif dan psikomotorik melalui tahapan 2 siklus yang telah dilakukan selama penelitian dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar (aspek kognitif) peserta didik pada pre-testsiklus I kesiklus II sebesar  7,9% dan peningkatan hasil belajar (aspek kognitif) peserta didik pada post-test siklus I ke siklus II sebesar 10,5%, selain itu juga adanya peningkatan hasil belajar (aspek psikomotorik) peserta didik pada indicator kreatifitas siklus I ke siklus II sebesar 1,14,

(4) Hambatan yang terjadi saat pelaksanaan kegiatan penelitian yaitu ketersediaan fasilitas yang terbatas.

Kesimpulan penelitian ini yaitu:

(1) Implementasi kolaborasi model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan simulasi pada kelas X OTKP 1 mata pelajaran korespondensi selama 2 siklus dengan 4 kali pertemuan yang sesuai dengan RPP,

(2) Implementasi kolaborasi model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan simulasi terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas peserta didik melalui tindakan penelitian pada siklus I dan siklus II,

 

(3) Bagi peneliti selanjutnya apabila menggunakan kolaborasi model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan simulasi perlu melakukan pengembangan penelitian dengan alat-alat penunjang pembelajaran lain sehingga proses penelitian dapat berjalan dengan hasil yang diharapkan.