SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Nilai Kerja,Burnout, Konsep Diri, Dan Identifikasi Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Malang Martadinata

HARYONO RIO SENDI

Abstrak


ABSTRAK

Haryono, Rio Sendi. 2019. Pengaruh Nilai Kerja, Burnout, Konsep Diri, dan Identifikasi Organisasi Terhadap Organizational Citizenship BehaviorPada Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Malang Martadinata. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si

 

Kata Kunci: Nilai Kerja, Burnout, Konsep Diri, Identifikasi Organisasi, Organizational Citizenship Behavior

Dalam suatu organisai seorang karyawan hendaknya memiliki sikap serta perilaku yang baik dalam bekerja. Sikap dan perilaku yang baik itu dapat tercermin dari kesehariannya dalam melaksanakan pekerjannya bahkan sampai melebihi target yang telah ditetapkan organisasi seperti perilaku ekstra peran atau Organizational Citizenship Behavior. Apabila seorang karyawan memiliki sikap dan perilaku yang baik terutama perilaku ekstra perannya dapat ditampilkan oleh seorang karyawan tentunya dapat mencapai target yang telah ditetapkan oleh organisasi dan tentunya dapat meningkatkan citra organisasi itu sendiri. Berkaitan dengan hal itu, maka diperlukan pembahasan mengenai organizational citizenship behavior tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel yang digunakan adalah nilai kerja (X1), burnout (X2), konsep diri (X3), identifikasi organisasi (X4), dan organizational citizenship behavior (Y).  Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan tetap Bank BRI Kantor Cabang Malang Martadinata yang berjumlah 176 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 122 orang dengan teknik sampling yaitu proportionate random sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, dengan instrumen berupa kuesioner, kemudian diolah menggunakan program SPSS 25.0 for Windows. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

(1) terdapat pengaruh positif dan signifikan nilai kerja terhadap organizational citizenship behavior dengan nilai koefisien beta sebesar (+) 0,533;

(2) terdapat pengaruh negatif dan signifikan burnout terhadap organizational citizenship behavior dengan nilai koefisien beta sebesar (-) 0,120;

(3) terdapat pengaruh positif dan signifikan konsep diri terhadap organizational citizenship behavior dengan nilai koefisien beta sebesar (+) 0,198;

(4) terdapat pengaruh positif dan signifikan identifikasi organisasi terhadap organizational citizenship behavior dengan nilai koefisien beta sebesar (+) 0,300.

Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: pertama, nilai kerja karyawan di Bank BRI Kanca Malang Martadinata dikategorikan tinggi, dengan tingginya nila kerja itulah karyawan dapat bertanggung jawab dan bekerja lebih baik lagi untuk perusahaan. Kedua, burnout karyawan di Bank BRI Kanca Malang Martadinata dikategorikan tinggi, tingginya burnoutsalah satunya disebabkan oleh pekerjaan yang diberikan begitu menguras emosional. Ketiga, konsep diri karyawan di Bank BRI Kanca Malang Martadinata dikategorikan tinggi, dengan kepercayaan diri yang tinggi tersebut karyawan dapat melakukan dan menyelesaikan pekerjaan yang diberikan dengan baik. Keempat, identifikasi organisasi karyawan di Bank BRI Kanca Malang Martadinata dikategorikan tinggi, dengan memahami dan mengenali organisasinya dengan baik sehingga karyawan dapat meningkatkan dan bisa mencapai target dan tujuan perusahaan. Kelima, organizational citizenship behavior karyawan di Bank BRI Kanca Malang Martadinata dikategorikan tinggi, dengan saling membantu baik sesama karyawan maupun kepada nasabah dan mencapai target yang telah ditetapkan sehingga mampu mencapai tujuan dan dapat meningkatkan citra perusahaan.

Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan adalah:

(1) karyawan lebih meningkatkan kesadaran mengenai tanggung jawab atas pekerjaan yang diberikan serta jam kerja yang ditetapkan yaitu dari pagi hingga sore hari. Selain itu, pihak manajemen tidak perlu menambah liburan untuk karyawan karena liburan yang diberikan ini tergolong dalam kategori cukup dan tidak begitu memberikan peningkatan yang signifikan dalam nilai kerja karyawan.. Untuk mengurangi adanya tekanan tersebut, dapat diatasi dengan cara menicptakan lingkungan kerja yang mendukung dan menarik bagi karyawan dalam bekerja.

(2) karyawan bisa lebih meningkatkan kesabaran, menjaga mood, dan harus selalu ceria agar tidak mudah mengalami kelelahan yang berdampak pada kelelahan fisik dan juga kelelahan emosionalnya terutama dalam berhubungan dengan rekan kerja. Selain itu, pihak manajemen sebaiknya memperhatikan tuntutan pekerjaan yang diberikan pada karyawan dan juga turut menjaga mood karyawan agar tidak terjadi kelelahan yang berlebih.

(3) karyawan dapat konsisten dengan konsep diri yang dimilikinya sehingga dapat terlihat sebagai identitas atau gambaran dirinya. Selain itu, karyawan bisa lebih meningkatkan kualitas dan pengetahuan dalam dirinya sehingga dapat meningkatkan harga dirinya juga serta sebaiknya karyawan juga memiliki konsep diri yang penyabar dan ceria. karyawan sebaiknya menjalin hubungan yang baik dan dapat lebih melibatkan diri dengan atasan. Dengan demikian, atasan dapat lebih mencitai karyawannya.

 

(4) karyawan hendaknya menanamkan rasa kecintaan, rasa memiliki, dan kebanggan terhadap organisasinya sebagai tempatnya bekerja. Selain itu, pihak manajemen juga menerapkan mekanisme tertentu dalam menanamkan kecintaan, rasa memiliki, dan kebanggaan karyawan pada organisasi seperti atasan memberikan contoh selalu menggunakan produk yang dimiliki organisasi dan turut menjaga lingkungan tempatnya bekerja sebagai langkah kecil dalam meningkatkan kepedulian atau rasa memiliki terhadap organisasinya sehingga nantinya karyawan dapat mencontoh hal terebut. Karena apabila atasan sudah memberikan contoh yang baik tentu hal itu dapat dicontoh oleh karyawannnya.