SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Administrasi Perkantoran (Studi pada Guru SMK National Media Center)

NISAK ZULFINA FAHRUN

Abstrak


RINGKASAN

Nisak, Zulfina Fahrun. 2019. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Administrasi Perkantoran (Studi pada Guru SMK National Media Center Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi S1 Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: H. Imam Bukhori, S.Pd., M.M., M.Pd.

 

Kata Kunci: kompetensi pedagogik, guru mata pelajaran produktif.

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasi berbagai kompetensi yang dimilikinya. Seorang guru sekolah kejuruan mempunyai tantangan dan tuntutan yang lebih banyak daripada sekolah umum. Guru sekolah kejuruan dituntut untuk memberikan materi pelajaran umum dan mempersiapkan peserta didiknya untuk bekerja. Sehingga guru di sekolah kejuruan harus bisa memberikan proses pembelajaran kepada peserta didik agar dapat mengoptimalkan prestasi pada aspek afektif, kognitif dan psikomotornya. Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimanakah kompetensi pedagogik guru mata pelajaran produktif program keahlian administrasi perkantoran di SMK National Media Center Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian yang berupa hasil wawancara diperoleh melalui penelitian yang telah dilakukan pada tanggal 19 Maret 2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan uji kredibilitas, transferability, dependability, dan confirmability. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Berdasarkan analisis data tersebut, diperoleh simpulan hasil penelitian sebagai berikut: guru SMK NMC Malang sudah cukup baik dalam menguasai kompetensi pedagogik meskipun masih ada yang kurang misalnya dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guru hanya menggunakan power point dan video. Dalam indikator kompetensi pedagogik yang selanjutnya guru kurang kreatif dan inovatif dalam menggunakan metode pembelajaran sehingga dikhawatirkan peserta didik akan mudah bosan. Dan yang terakhir, dalam kegiatan refleksi di akhir kegiatan pembelajaran tidak semua guru melakukannya, hal ini dikarenakan terbatasnya waktu yang dimiliki guru.

Saran untuk guru SMK NMC Malang:

(1) lebih memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, bukan hanya LCD, computer, dan internet saja tapi lebih bervariatif;

(2) lebih kreatif dan inovatif lagi dalam pengembangan kurikulum yang sedang diterapkan saat ini, seperti mengembangkan media pembelajaran yang menarik, lebih variatif lagi dalam penerapan model pembelajaran yang sesuai materi pembelajaran, dan memperbanyak sumber belajar;

(3) Perbanyak melakukan tindakan reflektif pada akhir pembelajaran untuk peningkatan kualitas pembelajaran di kelas.

Sedangkan saran untuk SMK NMC Malang adalah:

(1) Memenuhi fasilitas yang diperlukan untuk proses pembelajaran yang berkualitas khususnya program keahlian administrasi perkantoran;

(2) Memberikan pelatihan ataupun diklat lebih intensif kepada guru mengenai pengembangan Kurikulum mengingat adanya penerapan kurikulum 2013 SMK National Media Center Malang.