SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Citra Merek Terhadap Perilaku e-WOM dan Minat Beli (Studi Pada Konsumen Potensial Kosmetik Merek Make Over)

NANDA REGITA ARIYUNAS

Abstrak


ABSTRAK

Nanda, Regita A. 2019. Pengaruh Citra Merek terhadap Perilaku e-WOM dan Minat Beli (Studi pada Konsumen Potensial Kosmetik Merek Make Over) Skripsi. Jurusan Manajemen. Program Studi S1 Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Titis Shinta Dhewi, S.P., M.M

 

Kata Kunci: e-WOM, Minat Beli, Citra Merek, Make Over

e-WOM dapat muncul dari seseorang untuk mengetahui tentang merek yang diinginkan agar konsumen memiliki kesan apa yang dibicarakan dan berniat membeli produk. Make Over merupakan brand lokal dengan segala terobosan kosmetik terpercaya yang berkembang dengan perubahan kebutuhan setiap konsumennya. Rangkaian produk Make Over memiliki banyak varian yaitu, produk untuk mata, produk untuk bibir, produk untuk wajah. e-WOM yang terjadi di dalam akun instagram tentang Make Over ini dapat memperkenalkan produk kosmetik ini dan bisa saja diantara mereka yang belum pernah menggunakan produk kosmetik ini semakin tertarik untuk menggunakan dan membeli kosmetik.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui

(1) Deskripsi variabel e-WOM, Minat Beli dan Citra Merek.

(2) Pengaruh Citra Merek terhadap e-WOM,

(3) Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis riset deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tertutup yang diproses menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah followers akun instagram@makeoverid yang berminat membeli kosmetik merek Make Over dan yang melakukan rekomendasi kepada orang lain. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability smapling, teknik probability sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan accidental sampling. Perhitungan sampel menggunakan rumus Daniel Terrel dengan hasil sampel sebesar 96 responden kemudian ditingkatkan menjadi 115 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Statistik Deskriptif dan Patrial Least Square.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi responden terhadap 3 (tiga) variabel penelitian ini baik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Grand Mean sebesar 4.03 untuk e-WOM, 4.08 untuk variabel Citra Merek, 3.85 untuk variabel Minat Beli. Hasil analisis data menunjukkan variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-WOM dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap  minat beli.