SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Edmodo Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

YUNITA RATNA

Abstrak


ABSTRAK

Yunita, Ratna. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Edmodo Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran Di SMKN 2 Blitar). Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Sutrisno, M.M

 

Kata Kunci: media pembelajaran, aplikasi Edmodo, mata pelajaran Teknologi Perkantoran, dan hasil belajar.

Media pembelajaran merupakan suatu alat yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa, minat siswa terhadap materi pembelajaran tergantung dari media pembelajaran yang digunakan oleh guru pada saat proses pembelajaran, semakin menarik media pembelajaran yang digunakan oleh guru maka semakin tertarik siswa dalam belajar. Media Edmodo merupakan media pembelajaran berbasis online, media ini dapat digunakan dengan laptop maupun telepon seluler android yang dapat memudahkan siswa dalam belajar dimanapun dan kapanpun. Sesuai dengan mata pelajaran Teknologi Perkantoran, semua siswa harus menguasai teknologi khususnya komputer/laptop, maka dari itu dengan menggunakan media Edmodo siswa akan lebih sering menggunakan laptop sehingga akan terbiasa dan dapat menguasai komputer/laptop dan teknologi lainnya. Jika siswa menggunakan media yang inovatif, siswa akan semangat dalam belajar karena adanya rasa tertarik dengan media pembelajaran tersebut. Hasil belajar merupakan kemampuan siswa atau pencapaian yang didapatkan siswa selama proses pembelajaran yang telah dilakukan, hasil belajar juga dapat disebut kemampuan siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru selama proses pembelajaran. Edmodo merupakan media pembelajaran yang inovatif sehingga dapat memberikan semangat belajar siswa. dengan demikian hasil belajar siswa dapat meningkat serta pemahaman siswa terhadap materi lebih baik karena dalam penyampaian materi menggunakan media yang baik dan inovatif.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian Borg and Gall, yakni ada 10 tahap penelitian diantaranya

(1) Potensi dan Masalah,

(2) Pengumpulan Data,

(3) Desain Produk,

(4) Validasi   Desain,

(5) Revisi Desain,

(6) Uji Coba Produk,

(7) Revisi Produk,

(8) Uji Coba Pemakaian,

(9) Revisi Produk,

(10) Produk Akhir.

Dalam uji coba pemakaian peneliti menggunakan dua kelas sebagai perbedaan hasil belajar, yaitu menggunakan kelas control dan kelas eksperimen.

 

Dalam penelitian ini menunjukkan perbedaan siswa yang menggunakan media Edmodo dengan yang tidak menggunakan media Edmodo yakni kelas yang menggunakan media Edmodo  lebih unggul 4% dibanding kelas yang tidak menggunakan media Edmodo. Media ini juga mudah digunakan siswa maupun guru dalam proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa, namun media Edmodo ini sangat bergantung pada koneksi internet.