SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Perceived Value Terhadap Revisit Intention Melalui Customer Satisfaction. pada Pengunjung Jawa Timur Park I Di Batu

Chotimah Siti

Abstrak


ABSTRAK

Chotimah, Siti. 2018. Pengaruh Perceived Value Terhadap Revisit Intention Melalui Customer Satisfaction. pada Pengunjung Jawa Timur Park I Di Batu. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Handri Dian Wahyudi S.Pd., S.E., M.Sc.

 

Kata kunci: Perceived Value, Revisit Intention, Customer Satisfaction

Pariwisata merupakan sektor penting untuk meningkatkan sektor ekonomi daerah. Berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kunjungan ulang wisatawan pada objek wisata untuk tujuan jangka panjang. Salah satunya melalui upaya peningkatan value pengunjung serta meningkatkan kepuasan pengunjung. Perceived value dan customer satisfaction sering dikaitkan dengan Revisit intention. Variabel bebas dari penelitian ini adalah Perceived value(X1),  Revisit Intention sebagai variabel terikat (Y) dan Customer Satisfaction sebagai variabel Intervening (Z).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) Deskripsi tentang perceived value, revisit intention dan customer satisfaction;

(2) Besarnya pengaruh perceived value terhadap customer satisfaction;

(3) Besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung perceived value terhadap revisit intention melalui customer satisfaction.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan penelitian penjelasan. Populasi dalam penelitian ini pengunjung yang telah melakukan kunjungan ke wisata Jawa Timur Park 1 setidaknya satu kali. Sampel diperoleh dengan teknik perhitungan rumus pendekatan Isac Michel, dan diperoleh sebanyak 174 responden yang ditingkatkan menjadi 200 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan metodenon probability sampling. Pengelolaan data penelitian ini menggunakan analisis path dengan program IBM SPSS 16. Hasil dari penelitian ini adalah:

(1) perceived value berpengaruh langsung dan signifikan terhadap customer satisfaction ;

(2) perceived value berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap revisit intention melalui customer satisfaction;

(3) peran mediasi customer satisfaction hanya secara parsial.

Saran yang dapat diajukan kepada pihak Jawa Timur Park 1:

(1) untuk lebih meningkatkan revisit intentionwisatawan khususnya indikator yang memiliki skor rata-rata rendah;

(2)Melakukan pengurangan harga juga meminimalisir wahana yang termasuk dalam tiket tersebut;

(3) meningkatkan nilai positioning untuk menjadikan Jawa Timur Park 1 menjadi destinasi pilihan utama;

(4)Meningkatkan pengelolaan fasilitas yang ada seperti ruang terdapatnya penjaga di nursery room selain itu menempatkan penjaga di daerah kolam renang serta memberikan ruang teduh kepada pengunjung untuk berlindung ketika cuaca buruk;

(5) Bagi peneliti selanjutnya itu peneliti juga menyarankan untuk mengembangkan instrument dari variabel mediasi dengan menggunakan variabel brand image.

 

ABSTRACT

Chotimah, Siti. 2018.The Effects of Perceived Value on Revisit Intention Through Customer Satisfaction on Visitorss of Jawa Timur Park 1 in Batu. Sarjana’s Thesis, Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Handri Dian Wahyudi S.Pd., S.E., M.Sc.

 

Keywords: Perceived Value, Revisit Intention, Customer Satisfaction

Tourism is an important sector to improve the regional economic sector. Various ways that can be done to increase tourist return visits to attractions for long-term purposes. One of them is through efforts to increase visitorss value and increase visitors satisfaction. Perceived value and customer satisfaction are often associated with Revisit intention. The independent variables of this study are Perceived value (X1), Revisit Intention as the dependent variable (Y) and Customer Satisfaction as the Intervening variable (Z).

This study aims to find out:

(1) Description of perceived value, revisit intention and customer satisfaction;

(2) The magnitude of the effect of perceived value on customer satisfaction;

(3) The amount of direct and indirect influence perceived value on revisit intention through customer satisfaction.

This study uses a quantitative approach with the research method used is descriptive research and explanatory research. The population in this study were visitorss who had visited Jawa Timur Park 1 tour at least once. The sample was obtained by calculating the Isac Michel approach formula, and obtained 174 respondents who were increased to 200 respondents. The sampling method uses non probability sampling methods. The management of this research data uses analytical paths with IBM SPSS 16. The results of this study are:

(1) perceived value has a direct and significant effect on customer satisfaction;

(2) perceived value directly and indirectly affects revisit intention through customer satisfaction;

(3) the role of mediating customer satisfaction is only partially

Suggestions that can be submitted to Jawa Timur Park 1:

(1) to further improve the revisit of tourist intention, especially indicators that have a low average score;

(2) Reducing the price also minimizes the rides included in the ticket;

(3) increasing the value of positioning to make East Java Park 1 a top choice destination;

(4) Improving the management of existing facilities such as the space where guards in nursery rooms are located, besides placing guards in the pool area and providing shade for visitors to take shelter when the weather is bad;

 

(5) For the next researcher, the researcher also suggests developing instruments from mediating variables using brand image variables.