SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Learning Cycle Berbantuan Media Kahoot! Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Umum

WULANDARI VINA

Abstrak


ABSTRAK

Wulandari, Vina. 2019. Penerapan Model Learning Cycle Berbantuan Media Kahoot! Untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Umum. Skripsi, Jurusan Manjemen, Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Mohammad Arief, M.Si.

 

Kata Kunci: model pembelajaran,  learning cycle, media kahoot!, hasil belajar.

Model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik merupakan konsep pelaksanaan pembelajaran yang mendidik peserta didik lebih aktif dalam belajar, sehingga materi lebih cepat dipahami dan hasil belajar dapat ditingkatkan. Penggunaan media pembelajaran interaktif menjadi salah satu penunjang keberhasilan pembelajaran, salah satu media pembelajaran yang interaktif dan terbaru adalah media kahoot!. Model learning cycle yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lima tahapan pembelajaran sehingga disebut model learning cycle 5E. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat penerapan model learning cycle 5E berbantuan media kahoot! dan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model learning cycle 5E berbantuan media kahoot!

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Post-test digunakan untuk mengukur hasil belajar pada subyek penelitian kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Turen Malang tahun pelajaran 2018/2019 pada semester genap, Mata Pelajaran Administrasi Umum Kompetensi Dasar (KD) 3.7 menerapkan prosedur penataan surat/dokumen

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran learning cycle 5E pada kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Turen Malang memiliki kategori sangat baik, dilihat dari kesesuaian aktifitas guru dan peserta didik dengan kisi-kisi pelakasanaan pembelajaran dan sintaks model learning cycle 5E. Keberhasilan penggunaan model ini juga dibantu dengan penggunaan media pembelajaran kahoot! yang membuat peserta didik lebih antusias dan aktif terhadap pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran ini juga meningkatan hasil belajar peserta didik yaitu dari rata-rata nilai bidang kognitif pada  KD 3.6  menerapkan prosedur penataan surat/dokumen surat masuk dan keluar adalah 73,09, rata-rata nilai siklus I adalah 76, dan rata-rata nilai siklus II adalah 85,97. Sedangkan untuk nilai psikomotor dari rata-rata siklus I adalah 84 ke rata-rata siklus II adalah 96,19. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model learning cycle 5E berbantuan media kahoot! dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam bidang kognitif dan psikomotor.

Berdasarkan pada kesimpulan, disarankan bagi sekolah untuk memperbaiki fasilitas internet agar dapat menunjang kegiatan pembelajaran. Bagi guru Mata Pelajaran Administrasi Umum dapat menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi, inovatif dan berpusat pada peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar. Bagi peneliti selanjutnya untuk dapat menerapkan model learning cycle 5E pada mata pelajaran lain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik.

 

ABSTRACT

Wulandari, Vina. 2019. The Application of Learning Cycle Model Assisted by Kahoot! as Media to Improve Learning Outcomes of General Administration Subjects. Sarjana’s Thesis, Departement of Management, Office Administration Undergraduate Study Program, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Drs. H. Mohammad Arief, M.Si.

 

Keywords: learning model, learning cycle, kahoot!, learning outcomes

An innovative and learner-centered learning model is the concept of implementing learning process that educates students to be more active in learning, so they can understand the material and improve learning outcomes quicker. The use of interactive learning media is one of the supporting factors for learning success. One of the newest and interactive learning media is the kahoot! The learning cycle model used in this study consisted of five learning stages called the learning cycle 5E model. The aims of this study was to see the implementation of the learning cycle 5E model assisted by kahoot! to the improvement of students learning outcomes.

This type of research is classroom action research. Data collection techniques were carried out by interviews, observation, tests, documentation, and field notes. This research was conducted in two cycles. Post-test was used to measure learning outcomes in subjects of class X OTKP 1 in SMK Negeri 1 Turen Malang in the academic year 2018/2019 (even semester), General Administration subjects, Basic Competence (KD) 3.7 on applying the document/document structuring procedure.

The results of the study showed that the implementation of the learning cycle 5E model in class X OTKP 1 of SMK Negeri 1 Turen Malang had a very good category, seen from the suitability of the teachers and students’ activity with learning implementation grids and learning cycle 5E model syntax. The success of applying this model is also helped by the application of kahoot! which makes students more enthusiastic and active about learning. The use of this learning model also increases student learning outcomes, seen from the average cognitive domain score in KD 3.6 on procedure for structuring incoming and out coming letters and documents is 73.09, the average score using the learning model on the first cycle is 76, and the average score of cycle II is 85.97.While the psychomotor scores ​​from the average cycle I is 84 to the average cycle II is 96.19. From these results it can be concluded that the application of the 5E learning cycle model assisted by kahoot! can improve student learning outcomes in the cognitive and psychomotor domains.

In conclusion, it is recommended for schools to improve facilities, especially the internet, to support learning activities. General Administration subject teachers can implement an innovative and learner-centered learning model that is tailored to the learning objectives to improve learning outcomes. Further researchers can apply the learning cycle 5E model to other subjects to find out the improvement in student learning outcomes.