SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-Modul Flip PDF Berbasis Predict Observe Explain (POE) Mata Pelajaran Kearsipan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Pada Kelas X Otomoatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMKN 2 Blitar)

Silvianawati Mega Anggun

Abstrak


ABSTRAK

Silvianawati, Mega Anggun .2018. Pengembangan E-Modul Flip PDF Berbasis Predict Observe Explain (POE) Mata Pelajaran Kearsipan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Pada Kelas X Otomoatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMKN 2 Blitar).Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Yuli Agustina, S.E., M.M.

 

Kata Kunci: E-Modul, Flip PDF, Predict Observe Explain (POE), Hasil Belajar

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk

(1) Menghasilkan e-modul Flip PDF pada mata pelajaran Kearsipan pada materi semester genap untuk  SMK kelas X program keahlianOtomatisasi Tata KelolaPerkantoran.

(2) Mengetahui tingkat kelayakan e-modul Flip PDF berbasis Predict Observe Explain (POE) berdasarkan proses ujivalidasi.

(3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan e-modul Flip PDF berbasis Predict Observe Explain (POE) pada mata pelajaran Kearsipan kelas X dengan peserta didik yang tidak menggunakan e-modul Flip PDF berbasis Predict Observe Explain (POE).

Rancangan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model Borg & Gall, dengan langkah-langkah:

(1) penelitian dan pengumpulan informasi awal,

(2) Perencanaan,

(3) Pengembangan format produk awal,

(4) Uji coba lapangan awal,

(5) Revisi hasil uji coba,

(6) Uji cobalapanganterbatas,

(7) Revisi produk hasil uji coba lapangan,

(8) Uji pelaksanaan lapangan. Mengetahui kelayakan e-modul yang dibuat, peneliti menggunakan angket ahli materi, angket ahli media dan angket uji coba lapangan terbatas.

Hasil dari penelitian pengembangan ini diantaranya:

(1) Produk berupae-modul Flip PDF pada mata pelajaran Kearsipan pada materi semester genap untuk  SMK kelas X program keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran,

(2) Hasil validasi materi sebesar 97,5%, ahli media sebesar 96% dan uji coba lapangan terbatas sebesar 94,6%. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dihasilkan dalam kategori sangat valid/layak untuk digunakan sebagai sumber dan media pembelajaran,

(3) Rata-rata hasil belajar dari aspek kognitif dan psikomotorik, kelas eksperimen lebih unggul disbandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan e-modul Flip PDF berbasis Predict Observe Explain (POE) pada matapelajaran Kearsipan terbukti efektif dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Blitar.

Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, maka saran yang dapat peneliti berikan adalah

(1) Penggunaan e-modul dalam proses pembelajaran disekolah hendaknya tidak lepas dari bimbingan guru agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dan proses pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif,

(2) Pengguna baik guru maupun peserta didik diharapkan memahami cara dalam mengoperasikan e-modul supaya nantinya dalam pembelajaran tidak ada kesalahan,

(3) Pemanfaat dan penggunaan e-modul sebaiknya disertai dengan buku-buku penunjang agar semakin memperkaya dan memperluas pengetahuan belajar peserta didik.

 

ABSTRACT

Silvianawati, Mega Anggun. 2018.Developing Flip PDF E-Module Based on Predict Observe Explain (POE) Filing Subjects to Improve Learning Outcomes (Study in X Class Office Automatization of Office Management in Vocational High School 2 Blitar). Sarjana’sThesis, Department of Management, Faculty of Economics, UniversitasNegeri Malang. Advisor: YuliAgustina, S.E., M.M.

 

Keywords: E-Module, Flip PDF, Predict Observe Explain (POE), Learning Outcomes

This development research aims to

(1) Produce Flip PDF e-modules on filing subject in second semester material for tenth graders Vocational Office Management Automation skills programs.

(2) Knowing the feasibility level of Flip PDF e-module based on Predict Observe Explain (POE) using validation test process.

(3) Knowing the differences in learning outcomes of students using Flip PDF e-module based on Predict Observe Explain (POE) on Class X Filing subjects with students who do not use the Flip PDF e-module based on Predict Observe Explain (POE).

The design of the development model used in this study was adapted from the Borg & Gall model, with steps:

(1) initial research and information gathering,

(2) Planning,

(3) Development of initial product formats,

(4) Initial field trials,

(5) Revision of trial results,

(6) Limited field trials ,

(7) Revision of products resulting from field trials,

(8) Test of field implementation.

Determine the feasibility of e-modules made, the researcher used questionnaires for material experts, questionnaires for media experts and limited field trial questionnaires.

The results of this research are:

(1) Products in the form of Flip PDF e-modules on Archival subjects on even semester material for class X Vocational Office Management Automation skills programs,

(2) Material validation results at 97.5%, media experts 96% and field trials are limited to 94.6%. Based on the data obtained from the validation results, it can be concluded that the e-modules produced are very valid / feasible to be used as learning resources and media,

(3) The average learning outcomes of cognitive and psychomotor aspects, the experimental class is superior than the control class. It shows that the use of the Flip PDF e-module based on Predict Observe Explain (POE) on Archival subjects has proven to be effective and can be used to improve the learning outcomes of OTKP class X students in State Vocational High School 2 of Blitar.

Based on the results of the research obtained, the suggestions that researchers can give are

(1) The use of e-modules in the school learning process should not be separated from teacher guidance so that learning objectives can be achieved and the learning process can take place effectively,

(2) Users both teachers and students are expected to understand how to operate the e-module so that later in learning there are no mistakes,

 

(3) The use and use of e-modules should be accompanied by supporting books to further enrich and broaden students' learning knowledge.