SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Konstruksi Sosial Peralihan Konsumsi Rokok Tembakau ke Rokok Elektrik Mahasiswa Universitas Negeri Malang

DANI BIBI GANDI

Abstrak


Tujuan darin artikel ini adalah untuk membahas mengenai konstruksi sosial peralihan konsumsi rokok tembakau ke rokok elektrik Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Merokok merupakan masalah yang belum dapat diselesaikan hingga saat ini. Menurut laporan WHO mengenai konsumsi tembakau dunia, angka prevalensi merokok di Indonesia merupakan salah satu di antara yang tertinggi di dunia dengan 46,8 persen laki-laki dan 3,1 persen perempuan usia 10 tahun ke atas yang diklasifikasikan sebagai perokok aktif (WHO, 2011)

Menghentikan kebiasaan merokokbukanlah hal yang mudah. Ada berbagai teknik pengurangan bahaya rokok, upaya tersebut dilakukan dengan memberikan nikotin pada pecandu tanpa bahaya tar. Cara tersebut diantaranya menggunakan koyo bernikotin, permen bernikotin, semprotan bernikotin, dan rokok elektrik. Dari semua alat terapi pengganti nikotin tersebut, rokok elektrik menjadi alat terapi yang paling efektif untuk keluar dari kecanduan rokok. Penggunaan rokok elektrik sebagai pengganti rokok tembakau sudah popular di Kota Malang. Terutama oleh  mahasiswa, salah satunya mahasiswa di Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif (descriptive research). Penelitian ini menempatkan peneliti sebagai instrument utama dalam pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Malang. Data diperoleh dari sumber primer dan sekunder. Informan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan pendukung. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Tahap penelitian yang dilakukan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan.

 

Kontstruksi sosial peralihan konsumsi rokok tembakau ke rokok elektrik adalah Mahasiswa Universitas negeri malang sebagian besar mengetahui dan tertarik menggunakan rokok elektrik dari lingkungan sekitar yaitu dari teman sebaya dan media sosial. Kemudian mahasiswa mulai mencoba dan merasakan sendiri apa saja dampak yang dihasilkan oleh rokok elektrik, kemudian mahasiswa mulai meyakini bahwa penggunaan rokok elektrik sebagai alat alternatif berhenti merokok tembakau dirasa lebih efektif dan lebih menguntungkan dibandingkan dengan rokok tembakau.