SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Pogalan Kabupaten Trenggalek

ANWARI DITA AYU SEPTIAN

Abstrak


ABSTRAK

Anwari, Dita Ayu Septian. 2019. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Pogalan Kabupaten Trenggalek. Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: H. Imam Bukhori, S.Pd., M.M., M.Pd.

 

Kata Kunci: pemanfaatan, perpustakaan sekolah, pusat sumber belajar peserta  didik

Di lingkungan sekolah terdapat sumber belajar yang sekiranya dapat dimanfaatkan baik oleh guru atau peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, sumber belajar yang dapat dimanfaatkan tersebut yakni perpustakaan sekolah. Keberadaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar pada lembaga pendidikan adalah suatu keharusan. Perpustakaan merupakan suatu pusat informasi yang memiliki peran penting dalam proses belajar dan dijadikan sebagai pusat sumber belajar untuk peserta didik yang dapat memberikan banyak wawasan atau pengetahuan.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan:

(1) Mengetahui bagaimana pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar peserta didik,

(2) Mengetahui upaya untuk meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar peserta didik, dan

(3) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat dan mendukung dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar peserta didik.

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Pogalan Kabupaten Trenggalek. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yakni sumber data primer yang didapatkan dari wawancara dengan beberapa informan antara lain waka kurikulum, kepala perpustakaan, petugas perpustakaan, guru mata pelajaran, dan peserta didik, sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari buku-buku atau literatur yang sesuai dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan terdiri dari tiga langkah yakni reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi.

Berdasarkan hasil dari analisis data diperoleh kesimpulan bahwa:

1) Perpustakaan SMK Negeri 1 Pogalan telah dimanfaatkan peserta didik sebagai pusat sumber belajar yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan belajar dari peserta didik saat kegiatan belajar mengajar di sekolah, dengan memanfaatkan atau memakai layanan pinjaman yang dibawa pulang, dan peserta didik lebih memanfaatkan koleksi buku atau bahan pustaka yang berkaitan dengan mata pelajaran. Pemanfaatan perpustakaan di SMK Negeri 1 Pogalan telah berjalan secara optimal karena perpustakaan setiap tahunnya selalu melakukan pengadaan buku-buku baru dan hal ini dilihat dari kondisi di perpustakaan SMK Negeri 1 Pogalan yang setiap tahunnya selama 3 tahun berturut-turut ini mengalami peningkatan pengunjung dilihat dari daftar pengunjung perpustakaan SMK Negeri 1 Pogalan pada Tahun Ajaran 2015-2018. Selain itu, berdasarkan hasil observasi disimpulkan bahwa banyak fasilitas atau perlengkapan yang ada di perpustakaan SMK Negeri 1 Pogalan bernilai 4 yang berarti fasilitas atau perlengkapan itu sudah disediakan secara lengkap dan sangat terawat. Hal ini dapat mendukung dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah yang telah berjalan dengan baik atau dikatakan secara optimal dengan adanya fasilitas atau perlengkapan pada perpustakaan yang sudah disediakan secara lengkap dan sangat terawat.

2) Upaya untuk meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar peserta didik di SMK Negeri 1 Pogalan telah dilakukan dengan baik oleh kepala atau penanggung jawab perpustakaan dan juga petugas perpustakaan, guru, serta sekolah. Beberapa upaya yang dilakukan kepala perpustakaan dan juga petugas perpustakaan memberikan suatu himbauan kepada peserta didik agar memanfaatkan koleksi buku yang sudah disediakan perpustakaan, serta memberikan himbauan kepada guru kelas masing-masing agar menginformasikan kepada peserta didik untuk selalu memanfaatkan koleksi buku yang ada di perpustakaan; upaya yang dilakukan guru yakni memberikan saran kepada peserta didik agar mencari referensi yang tersedia di perpustakaan digunakan untuk menunjang dalam penyelesaian tugas, guru sering memanfaatkan koleksi buku perpustakaan sebagai referensi, serta guru menghimbau dan meminta agar peserta didik melakukan pinjaman buku secara kolektif satu kelas yang digunakan dalam proses pembelajaran di kelas; sekolah juga mengupayakan untuk meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar peserta didik yakni dengan memberikan dana khusus yang digunakan untuk pengadaan bahan pustaka.

3) Faktor-faktor yang menghambat dan mendukung dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar peserta didik yakni:

(a) Faktor yang menghambat dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar peserta didik di SMK Negeri 1 Pogalan yaitu koleksi buku atau bahan pustaka yang masih kurang mencukupi, fasilitas atau sarana dan prasarana yang perlu diperbarui karena kurang mencukupi, serta waktu istirahat yang kurang atau terbatas bagi peserta didik untuk datang ke perpustakaan;

(b) Faktor yang mendukung dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar peserta didik di SMK Negeri 1 Pogalan yaitu terdapat beberapa pelayanan yang memberikan kemudahan bagi peserta didik, tugas yang diberikan oleh guru untuk peserta didiknya, dan ada sebagian koleksi buku yang tersedia dapat mendukung serta menunjang kegiatan pembelajaran.

Sesuai dengan hasil penelitian, maka peneliti memberikan saran:

(1) Untuk peserta didik lebih menyadari akan pentingnya keberadaan perpustakaan  di sekolah yang diharapkan agar peserta didik berminat untuk mengunjungi perpustakaan sekolah;

(2) Untuk guru, kepala atau penanggung jawab perpustakaan dan juga petugas perpustakaan yakni guru berperan secara aktif untuk upaya meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar peserta didik, kepala atau penanggung jawab perpustakaan dan juga petugas perpustakaan dari segi pelayanan dan pengelolaan lebih ditingkatkan yakni bisa dengan pengembangan teknologinya, memberikan fasilitas perpustakaan sebaik mungkin, melakukan penambahan pada koleksi buku atau bahan pustaka dengan koleksi terbaru, serta juga diharapkan bisa mengatur ulang waktu atau jam khusus bagi peserta didik untuk memanfaatkan perpustakaan agar bisa dimanfaatkan secara maksimal;

 

(3) Untuk peneliti selanjutnya diharapkan bisa menyempurnakan dan juga melengkapi kekurangan terkait pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar bagi peserta didik.