SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengaruh Online Consumer Review Oleh Beauty Vlogger Terhadap Purchase Decision Melalui Brand Image (Studi Pada Konsumen Produk Kosmetik Nature Republic).

NOVIANTY ANDHITA

Abstrak


ABSTRAK

Novianty, Andhita. 2019. Pengaruh Online Consumer Review  Oleh Beauty Vlogger Terhadap Purchase Decision Melalui Brand Image (Studi Pada Konsumen Produk Kosmetik Nature Republic). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si.

 

Kata Kunci: Online Consumer Review, Purchase Decision, Brand Image.

Kebutuhan  terhadap suatu barang akan selalu meningkat sejalan dengan usia dan kebutuhan manusia. Dalam pemenuhan kebutuhan tersebut seseorang akan melakukan Purchase Decision atau keputusan pembelian, dimana keputusan pembelian tersebut dapat dilengkapi dengan adanya Online Consumer Review yang akan membantu dalam membuat keputusan pembelian. Selain itu Brand Image juga menjadi salah satu pelengkap atau pengaruh seseorang dalam melakukan Purchase Decision. Purchase Decision oleh seseorang atau konsumen yang selalu meningkat salah satunya yaitu pada skin care atau kosmetik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui

(1) deskripsi Online Consumer Review, Brand Image dan  Purchase Decision,

(2) pengaruh Online Consumer Review terhadap Brand Image,

(3) pengaruh Brand Image terhadap Purchase Decision,

(4) pengaruh Online Consumer Review terhadap Purchase Decision,

(5) pengaruh Online Consumer Review terhadap Purchase Decision melalui Brand Image.

Metode penelitian ini adalah deskriptif dan explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen produk nature republic. Sampel dalam penelitian ini sebesar 191 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen pengumpulan data dengan menyebar kuisioner online kepada responden. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis jalur atau path analysis.

Hasil penelitian terbukti

(1) Online Consumer Review, Brand Image, dan Purchase Decision produk Nature republic menunjukkan hasil yang baik,

(2) Online Consumer Review berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image produk Nature republic dengan nilai β = 0,698

(3) Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision produk Nature republic dengan nilai β = 0,563,

(4) Online Consumer Review berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision produk Nature republic dengan nilai β = 0,210,

(5) Online Consumer Review berpengaruh positif dan signifan terhadap Purchase Decision melalui Brand Image dengan nilai  0,392.

Saran peneliti adalah

(1) Beauty Vlogger lebih memperhatikan aspek kejujuran dalam review produk Nature Republic,

(2) perusahaan Nature Republic membuat iklan resmi di Indonesia,

(3) perusahaan Nature Republic menambah store dibeberapa kota, untuk meningkatkan Purchase Decision oleh konsumen,

 

(4) peneliti selanjutnya mengembangkan penelitian ini, tidak hanya terfokus pada Online Consumer Review dan Brand Image saja, tetapi variabel lainnya yang mampu mempengaruhi Purchase Decision.