SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Melalui Perceived Quality Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Angkatan 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang)

RAHMAWATI DEBBY ARY

Abstrak


ABSTRAK

Rahmawati, D.A. 2019. Pengaruh Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Melalui Perceived Quality Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Angkatan 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si.

 

Kata Kunci: brand awareness, purchase intention, perceived quality

Kebutuhan manusia yang semakin beragam, khususnya untuk kaum wanita menjadikan kosmetik sebagai kebutuhan wajib yang harus dipenuhi. Dalam kondisi ini, konsumen memiliki banyak pilihan dalam menentukan produk kosmetik yang akan digunakan. Kemungkinan konsumen untuk berminat membeli produk kosmetik juga akan lebih besar. Minat beli konsumen dalam pembelian kosmetik ini didorong oleh kesadaran konsumen mengenai suatu merek (ingatan dan pengenalan merek). Kesadaran akan suatu merek ini akan membuat seorang konsumen mempersepsikan kualitas dari suatu produk yang disebutkan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung variabel brand awareness terhadap purchase intention melalui perceived quality produk kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Angkatan 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang).

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pemilihan populasi menggunakan finite population. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan adalah analisis jalur dengan progam SPSS versi 16.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa

(1) terdapatpengaruh langsung yang positif dan signifikan antara brand awareness terhadap purchase intention produk kosmetik Wardah,

(2) terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan anatara brand awareness terhadap perceived quality produk kosmetik Wardah,

(3) terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara perceived quality terhadap purchase intention produk kosmetik Wardah,

(4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara brand awareness terhadap purchase intention melalui perceived quality produk kosmetik Wardah.

Berdasarkan hasil penelitian diharapkan agar

(1) Wardah kosmetik sebaiknya tetap mempertahankan nama merek mereka dalam industri kosmetik di Indonesia terutama di dalam benak konsumen,

(2) Wardah kosmetik sebaiknya juga memperhatikan kebutuhan konsumen saat ini sehingga konsumen tidak akan beralih kepada merek produk lain,

(3) bagi peneliti selanjutnya adalah untuk mencoba membandingkan dan melakukan inovasi terhadap penelitian ini dari penambahan dan penggantian dengan indikator hingga variabel lainnya seperti brand loyalty, brand  association, dan lain sebagainya,

(4) bagi peneliti selanjutnya juga diperlukan inovasi dari pengambilan objek penelitian yang berbeda dan responden yang berbeda pula.