SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK TENUN IKAT ATBM MELALUI ANALISIS SWOT (Studi Kasus Pada Tenun Ikat ATBM "Telaga Sari" Trenggalek)

ANGGRAENI DIVANITA KUSUMA

Abstrak


ABSTRAK

Anggraeni, D.K. 2019. Menentukan Strategi Pemasaran Produk Tenun Ikat ATBM Melalui Analisis SWOT (Studi Kasus Pada UKM Tenun Ikat ATBM “Telaga Sari” Trenggalek). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si.

 

Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran

Tenun Ikat ATBM “Telaga Sari” merupakan salah satu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang bergerak pada bisnis produk berupa tenun ikat. Tenun Ikat ATBM “Telaga Sari” didirikan pada tahun 2015 di Kabupaten Trenggalek. Tenun Ikat ATBM “Telaga Sari” memiliki output kain tenun ikat dengan motif cengkeh khas Trenggalek. Dalam  proses menciptakan sebuah strategi pemasaran, Tenun Ikat ATBM “Telaga Sari” perlu menggunakan analisis SWOT sebagai alat ukur dalam menciptakan strategi pemasaran agar dapat unggul dari kompetitor lainnya. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini karena ingin menentukan strategi pemasaran pada Tenun Ikat ATBM “Telaga Sari”.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian yang didapat berupa tulisan hasil wawancara dan gambar yang dilampirkan. Pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa manusia, yaitu peneliti sendiri. Dalam menjaga keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi data. Tahap penelitian dilakukan mulai dari tahap pra lapangan, penelitian, hingga penyajian data.

 

Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan tiga hasil penelitian yaitu, strategi pemasaran yang digunakan Tenun Ikat ATBM “Telaga Sari” menggunakan 4P, yaitu, strategi produk, harga, lokasi, dan promosi. Berdasarkan analisis faktor internal dan eksternal dari Tenun Ikat ATBM “Telaga Sari”  ditemukan masing-masing 5 poin kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Strategi pemasaran Tenun Ikat ATBM “Telaga Sari”  berdasarkan analisis SWOT adalah dengan menggunakan alternatif strategi SO. Ada lima alternatif strategi SO, yaitu bekerjasma dengan dinas terkait untuk mengikuti pameran, memberi diskon promosi kepada konsumen, menjadi sponsor di suatu acara, memberi diskon pembelian dalam jumlah besar, dan melakukan penjualan melalui situs dagang online. Peneliti juga memberikan saran dan masukan kepada Tenun Ikat ATBM “Telaga Sari” Trenggalek sebagai berikut, pemanfaatan media sosial sebagai media promosi harus dimanfaatkan dengan baik, menciptakan inovasi-inovasi baru, melakukan perbaikan tampilan toko dan mendesain ulang kemasan produk, promosi melalui dinas pariwisata, dan merekrut tenaga kerja untuk bidang pemasaran.