SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Social Media Marketing Activity dan Logo Terhadap Brand Awareness De Chicken Cabang Jalan Jakarta Kota Malang ( Studi Pada Konsumen De Chicken Cabang Jalan Jakarta Kota Malang )

RAMADHIAN MUHAMMAD FADEL

Abstrak


ABSTRAK

Ramadhian, M.F. 2019. Pengaruh Social Media Marketing Activity dan Logo Terhadap Brand Awareness. Jurusan Manajemen. Program Studi S1 Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M.M.

 

Kata Kunci: Social Media Marketing Activity, Logo, Brand Awareness

Dengan makin banyaknya usaha di bidang kuliner khususnya varian ayam crispy membuat persaingan di bidang ini sangatlah ketat. Dengan adanya Social Media Marketing Activity sebagai langkah pemasaran yang dilakukan dan Logo sebagai jati diri perusahaan akan membuat konsumen lebih mudah mengetahui tentang produk yang akan mereka beli. Pelaku bisnis dapat membuat langkah promosi yang menarik di media sosial instagram sehingga akan terbentuk Brand Awareness yang kuat di benak konsumen. Brand Awareness merupakan keadaan dimana konsumen sadar terdapat sebuah merek yang menjual produk tertentu. Brand Awareness konsumen juga dapat terbentuk dari Social Media Marketing Activity yang dilakukan pelaku bisnis serta bentuk Logo perusahaan yang membekas di benak konsumen dalam penelitian ini adalah Konsumen De Chicken Cabang Jalan Jakarta Kota Malang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui

(1) Deskripsi variabel Social Media Marketing Activity, Logo, dan Brand Awareness,

(2) Pengaruh Social Media Marketing Activity terhadap Brand Awareness,

(3) Pengaruh Logo terhadap Brand Awareness.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis riset deskriptif dan eksplanatory. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tertutup yang diproses menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah Konsumen De Chicken Cabang Jalan Jakarta, sehingga termasuk dalam populasi tak terhingga (infinite population). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik  non probability sampling, teknik non probability sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Perhitungan sampel menggunakan rumus Daniel Terrel dengan hasil sampel seluruh konsumen De Chicken sebesar 185 responden kemudian ditingkatkan menjadi 209 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Regresi Linier Berganda.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi responden terhadap tiga variabel penelitian sudah baik. Hasil Analisis Regresi Linier Berganda menunjukkan variabel Social Media Marketing Activity dan Logo berpengaruh positif dan siginifikan secara parsial terhadap Brand Awareness. Saran untuk De Chicken Cabang Jalan Jakarta sebaiknya lebih menunjukkan keunggulan produk dan kualitas layanan De Chicken dan melakukan inovasi terkait logo perusahaan agar lebih memiliki bentuk yang khas dan unik.