SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying Melalui Positive Emotional Response (Studi Pada Kalangan Sosialita Di Kota Malang)

THOYIBAH IMROATUT

Abstrak


ABSTRAK

Thoyibah, Imroatut. 2019. Pengaruh Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying Melalui Positive Emotional Response Studi Pada Kalangan Sosialita di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Titis Shinta Dhewi, S.P., M.M

 

Kata kunci: Visual Merchandising, Impulse Buying, Positive Emotional Response

Dewasa ini bisnis dengan format ritel semakin berkembang pesat di Indonesia khususnya di bidang fashion, konsumen kini lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbelanja. Gaya hidup adalah salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dalam hal ini. Bagaimana para peritel mampu mengambil peluang tersebut dan  menggiring para konsumen khususnya kalangan sosialita yang berada di kota Malang untuk melakukan impulse buying di toko ritel mereka. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif dan analisis PLS-SEM. Sampel yang digunakan sebanyak 95 orang responden. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, hal ini dikarenakan jumlah keseluruhan populasi dibawah 100 responden. Dimana semua sampel diambil dari seluruh jumlah populasi. Responden dalam penelitian ini adalah kalangan sosialita di kota Malang yang tergabung dalam 3 komunitas berbeda yang pernah melalukan impulse buying.

Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu:

(1). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Visual Merchandising dan  Impulse Buyingpada mall atau departement store yang dikunjungi oleh kalangan sosialita di kota Malang.

(2). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Visual Merchandising dan  Positive Emotional Response pada mall atau departement store yang dikunjungi oleh kalangan sosialita di kota Malang.

(3). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Positive Emotional Response dan Impulse Buying pada mall atau departement store yang dikunjungi oleh kalangan sosialita di kota Malang.

(4). Positive Emotional Response memediasi pengaruh Visual Merchandising terhadap Impulse Buying pada mall atau departement store  yang dikunjungi oleh kalangan sosialita di kota Malang.

Adapun beberapa saran yang diberikan oleh peneliti yaitu pihak mall atau department adalah pihak mall atau department store lebih memberikan informasi yang lebih jelas mengenai spesifikasi produk dapat dengan cara pendisplayan produk yang lebih tertata sesuai klasifkasi (ukuran, warna, desain dan harga produk) agar kosumen dapat mengetahui informasi mengenai produk dengan jelas dan mudah karena ketika konsumen dapat melihat dengan mudah informasi mengenai produk hal tersebut juga dapat sebagai ajang promosi yang membuat konsumen tertarik untuk membeli produk.