SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengelolaan Kearsipan dalam Pelayanan Publik pada Kantor Pemerintahan Desa di Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang

FITRIYAH WULAN

Abstrak


ABSTRAK

Fitriyah, Wulan. 2019. Pengelolaan Kearsipan dalam Pelayanan Publik pada Kantor Pemerintahan Desa di Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: H. Imam Bukhori, S.Pd., M.M., M.Pd

 

Kata Kunci: Pengelolaan Kearsipan, Pelayanan Publik.

Arsip merupakan produk yang tercipta oleh instansi manapun termasuk Pemerintahan untuk kegiatannya sehari-hari yang melandasi pengambilan tindakan, melakukan kegiatan sehari-hari, dan memori suatu instansi. Ketika pengelolaan arsip terlaksana dengan baik di suatu Pemerintahan, akan berdampak yang baik juga terhadap tujuan utama dari suatu Pemerintahan, yakni sebagai pelayanan publik. Berdasarkan kegiatan pra penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Kantor Pemerintahan Desa Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang, ditemukan beberapa kendala yakni tidak teraturnya penyimpanan arsip, dan kurangnya pengetahuan petugas mengenai kearsipan, maka peneliti ingin menggambarkan bagaimana pengelolaan kearsipan yang dilakukan oleh kantor-kantor Pemerintah Desa di Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang dalam pelayanan publik.

Tujuan penelitian ini ingin mengetahui:

(1) penyimpanan kearsipan yang dilakukan oleh kantor pemerintah desa di Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang dalam pelayanan publik,

(2) penemuan kembali arsip dalam pelayanan publik di kantor pemerintah desa di Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang,

(3) kendala yang dihadapi dalam penyimpanan dan penemuan kembali arsip di kantor pemerintah desa di Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mencoba mengungkapkan kebenaran yang terjadi di lapangan terhadap pengelolaan kearsipan dalam pelayanan publik melalui pengumpulan data dan latar alamiah. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam langsung ke lapangan dan studi dokumentasi dilapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Untuk menjamin kebasahan data yang diperoleh, peneliti melakukan pengecekan data dengan cara Uji Kredibilitas, Uji Transferability, Uji Depandabiliy, Uji Confirmability.

Adapun hasil penelitian ini adalah:

(1) penyimpanan arsip yang dilakukan di Kantor Pemerintah Desa Gedangan, Desa Bakalan, Desa Mentoro sama-sama memiliki dasar hukum serta prosedur tetap dalam penyimpanan dan penemuan kembali arsip. Setiap kantor desa Gedangan, Bakalan, dan Mentoro menyimpan arsip menggunakan sistem subjek/masalah. Selain itu juga melakukan proses pencatatan dalam buku agenda masuk, dan setiap arsip yang disimpan.

(2) penemuan kembali arsip di Kantor Pemerintah Desa Gedangan, Bakalan, dan Mentoro dalam kecepatan dan kecermatan penemuan kembali arsip berada dalam kategori sangat cepat dan cukup baik.

(3) Kendala yang dialami kantor pemerintah Desa Gedangan, Desa Bakalan dan Desa Mentoro dalam menerapkan prosedur penyimpanan dan penemuan kembali arsip adalah kemampuan staff dan pegawai yang ada berbeda-beda dalam penataan arsip yang ada di desa. Selain itu sarana dan prasarana kearsipan yang belum memadai.

Saran kepada Pemerintah Desa Gedangan, Desa Bakalan dan Desa Mentoro hendaknya lebih banyak koordinasi baik dengan antar staff dan pegawai maupun pihak-pihak terkait, disetiap penerapan atau pun membuat kebijakan agar kebijakan tersebut bisa dilaksanakan dengan baik, dan sesuai aturan yang ada untuk memberikan pelayanan pada masyarakat yang lebih baik.