SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI KEARSIPAN PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PROSEDUR PEMELIHARAAN ARSIP (Studi pada Kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi)

PRISTAYANTI RISTINA

Abstrak


ABSTRAK

Pristayanti, Ristina. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Kearsipan pada Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur Pemeliharaan Arsip (Studi pada Peserta Didik Kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi). Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: H. Imam Bukhori, S.Pd.,M.Pd.

 

Kata Kunci: media pembelajaran dan monopoli kearsipan

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen dari proses pembelajaran yang memiliki peranan penting karena media pembelajaran dapat mempengaruhi peserta didik dalam bebrapa hal, di antaranya semangat belajar, motivasi belajar, dan minat belajar peserta didik. Berdasarkan hal tersebut maka guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dalam proses pembelajaran melalui media pembelajaran. Salah satunya dengan memanfaatkan media pembelajaran monopoli kearsipan.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah

(1) menghasilkan media pembelajaran yang menyenangkan melalui permainan monopoli pada Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur Pemeliharaan Arsip,

(2) mendeskripsikan kelayakan monopoli kearsipan pada Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur Pemeliharaan Arsip sebagai media pembelajaran.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Research & Development (R&D) menurut Borg & Gall. Tahapan pengembangan  dimodifikasi menjadi delapan langkah yaitu

(1) Research and Information Collecting,

(2) Planning,

(3) Develop Preliminary Form of Product,

(4) Preliminary Field Testing,

(5) Main Product Revision,

(6) Operational Field Testing,

(7) Final Product Revision,

(8) Dissemination and Implementation.

Produk hasil pengembangan telah divalidasi oleh seorang validasi ahli media, seorang validasi ahli materi, subjek uji coba pengguna (peserta didik) kelompok kecil dan subjek uji pelaksanaan kelompok besar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket serta jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif.  Data kuantitatif yang diperoleh berasal dari skor nilai yang didapat dari angket dan data kualitatif diperoleh dari komentar, saran serta masukan yang diberikan oleh validator, subjek uji coba kelompok kecil dan subjek uji pelaksanaan kelompok besar serta dari observer penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan persentase.

Produk hasil penelitian dan pengembangan berupa media pembelajaran monopoli kearsipan pada Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur Pemeliharaan Arsip dalam bentuk cetak yang memiliki kelebihan yaitu

(1) dapat menarik perhatian peserta didik untuk belajar,

(2) dapat meningkatkan semangat, minat dan motivasi belajar peserta didik,

(3) dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, namun media pembelajaran monopoli kearsipan juga memiliki kelemahan yaitu suasana kelas menjadi kurang kondusif dikarenakan peserta didik yang cukup antusias selama proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran monopoli kearsipan. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran monopoli kearsipan memiliki presentase 98,08% dengan kriteria “sangat valid”. Hasil validasi ahli materi memiliki presentase 89,75% dengan kriteria “sangat valid”. Hasil validasi uji coba kelompok kecil memiliki presentase 94,22% dan 91,11% yang keduanya memiliki kriteria “sangat valid”. Hasil validasi uji pelaksanaan kelompok besar memilki presentase 85,61% dan 86,26% yang keduanya memiliki kriteria “sangat valid”. Berdasarkan hasil validasi para ahli, subjek uji coba kelompok kecil dan subjek uji pelaksanaan kelompok besar menunjukkan bahwa produk media pembelajaran monopoli kearsipan sangat layak untuk digunakan.

Saran pengembangan lebih lanjut dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu

(1) mengembangkan media pembelajaran lebih lanjut dengan menggunakan Kompetensi Dasar yang lain,

(2) penyajian soal dalam pertanyaan tidak hanya berupa essay tetapi juga pilihan ganda.

 

ABSTRACT

Pristayanti, Ristina. 2019. Development of Archival Monopoly Learning Media in Basic Competence Implementing Archive Maintenance Procedures (Study on Class X Students of Office Administration at SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi). Sarjana’s Thesis, Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: H. Imam Bukhori, S.Pd., M.Pd.

 

Keywords: learning media, archival monopoly

Learning media is one of learning process component that has significant role to influence the student. It can influence student’s spirit, student’s motivation, and student’s interest. Therefore, teachers should be able to create fun atmosphere of learning process through learning media. One of the way is through learning media of archives monopoly.

The aim of this study and development are

(1) developing a fun learning media through monopoly game on Basic Competence Implementing Archive Maintenance Procedures,

(2) describing the feasibility of monopoly archives in Basic Competence Implementing Archives Maintenance Procedures as a learning medium.

This study and development uses R & D model according to Borg & Gall. The stages of development are modified into eight steps namely

(1) Research and Information Collecting,

(2) Palnning,

(3) Develop Preliminary Form of Product,

(4) Preliminary Field Testing,

(5) Main Product Revision,

(6) Operational Field Testing,

(7) Final Product Revision,

(8) Dissemination and Implementation.

The product of development has been validated by an expert media validator, a material expert validator, a trial subject for users (small students) and test subject for large group. The instruments of data collection used questionnaires and the types of obtained data were quantitative and qualitative data. Quantitative data was obtained through questionnaire score and qualitative through comments, suggestions and input given by the validator, small group trial subjects and large group implementation test subjects as well as from research observers. The data analysis technique which is used is percentage calculation.

The result of the research and development in the form of archival monopoly learning media on the basic competencies of implementing archival maintenance prosedures in printed form that have advantage which are:

(1) can attract the attention of students to study harder,

(2) can increase student’s enthuasiasm, interest and motivation,

(3) can increase the activeness of students in the learning process, but the monopoly learning media also has a weakness, namely the classroom atmosphere become less conducive because students are quite enthusiastic during the learning process by using archival monopoly learning media. The validation results of material expert has a percentage of 89.75% with the criteria “very valid”. The results of the small group trial validation have a percentage of 94.22% and 91.11%, both of it have “very valid” criteria. The results of the validation of the large group implementation test have a percentage of 85.61% and 86.26%, both of it have “very valid” criteria. Based on the results of the validation of the experts, the small group trial subjects and the large group implementation test subjects showed that archival monopoly learning media products are very feasible to use.

The suggestions for further study and development are

(1) developing further learning media in other Basic Competencies,

(2) presenting questions not only in the form of essay but it also can be in multiple choices.