SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Brand Personality dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Geprek Bensu Malang

IKA FITRIA

Abstrak


Perkembangan bisnis kuliner saat ini semakin pesat terutama di Kota Malang. Selain didukung banyaknya sektor pariwisata, banyaknya jumlah mahasiswa juga menjadi peluang yang menggiurkan bagi pengusaha kuliner di Malang. Di tengah-tengah tingginya tingkat persaingan, perusahaan harus bisa merancang strategi pemasaran yang dapat menarik minat beli konsumen dan harus mempertahankan minat beli tersebut agar tercipta minat pembelian secara ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui

(1) deskripsi brand personality, kualitas produk dan minat beli ulang;

(2) pengaruh antara brand personality terhadap minat beli ulang;

(3) pengaruh antara kualitas produk terhadap minat beli ulang.

Jenis penelitian ini deskriptif dan eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Geprek Bensu Jl. Soekarno Hatta Malang sejumlah 178 responden yang telah mengkonsumsi lebih dari 2 kali. Teknik sampling yang digunakan adalahpurposive sampling dengan mengumpulkan data menggunakan kuesioner dengan Skala Likert 5 pilihan jawaban. Uji kelayakan instrumenpada penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda.

Hasil analisis deskriptif menunjukkan:

(1)Brand personalitytermasuk dalam kategori baik oleh konsumen Geprek Bensu.

(2) Kualitas produk termasuk dalam kategori baik oleh konsumen Geprek Bensu.

(3) Minat beli ulang termasuk dalam kategori baik oleh konsumen Geprek Bensu. Maknanya adalah banyak sekali responden yang melakukan pembelian ulang dipengaruhi oleh brand personality Geprek Bensu meskipun kualitas produk yang ditawarkan tidak memiliki perbedaan dengan produk sejenis lainnya.

Uji asumsi klasik menunjukkan bahwa:

(1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari penyebaran titik di sekitar garis diagonal pada grafik P-P Plot of Regression Standarized Residual;

(2) Model regresi tidak menunjukkan masalah heteroskedastisitas terlihat pada titik grafik scatterplot yang tidak membentuk pola tertentu;

(3) Model regresi tidak menunjukkan gejala multikolinearitas.

Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan:

(1) Brand Personality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang; Hal ini mengartikan bahwa Geprek Bensu sukses membentuk kepribadian mereknya sehingga dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian ulang.

(2) Kualitas Produk berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli ulang. Ini menunjukkan bahwa kualitas produk yang dirasakan oleh konsumen Geprek Bensu kurang memenuhi standart yang diharapkan konsumen. Dimana dengan nama Ruben Onsu yang digunakan, adalah seorang publik figur terkenal yang harapannya dapat memberikan kualitas yang terbaik daripada kompetitornya.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan:

(1) bagi Geprek Bensusupaya meningkatkan pelayanan agar lebih cepat, menambah beberapa fasilitas yang dapat meningkatkan kenyamanan konsumen saat berkunjung, mengadakan promo pada event-event tertentu, dan memberikan hadiah atau gift kepada konsumen serta dan mempertimbangkan lagi mengenai harga dan porsi yang ditawarkan kepada konsumen;

 

(2) bagi peneliti selanjutnya supaya meneliti lebih mendalam dan menambahkan variabel-variabel lain di luar variabel brand personality, kualitas produk dan minat beli ulang. Misalnya variabel kualitas pelayanan dan penetapan harga karena variabel ini sangat erat hubungannya dengan minat beli ulang.