SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Rahmawati, Reka. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite 8 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing H. Imam Bukhori, S.Pd., M.M., M.Pd

REKA RAHMAWATI

Abstrak


Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh penting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran teknologi perkantoran di SMK PGRI 1 Jombang diperoleh informasi bahwa belum ada variasi penggunaan media dalam pembelajaran. Sehingga pembelajaran kurang menarik, cenderung monoton, dan membosankan. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media pembelajaran yang bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis Ispring Suite 8 dengan melakukan uji coba media pembelajaran berbasis Ispring Suite 8, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Ispring Suite 8 pada kompetensi dasar Menerapkan aplikasi presentasi, (3) Mengetahui perbandingan hasil belajar pada kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran.

Berdasarkan tujuan tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran  dengan Metode pengembangan 4D dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan meliputi pendefinisian, perancangan,pengembangan dan penyebaran.Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Ispring Suite 8 yang berbentuk file flash .

Hasil penelitian ini berupa: (1) Media pembelajaran berbasis Ispring Suite 8 pada Kompetensi Dasar Menerapkan Aplikasi perkantoran pada mata pelajaran Teknologi perkantoran yang telah tervalidasi oleh ahli media dan ahli materi. (2) Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media yang dilakukan sebesar 96,2% dengan kategori valid atau layak digunakan. Sedangkan hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi yang dilakukan sebesar 98% dengan kategori valid atau layak digunakan. Media juga mendapat respon positif peserta didik sebesar 96,1% dengan kategori valid atau layak digunakan yang dikumpulkan melalui angket subyek uji coba kelompok kecil, selain data hasil validasi serta angket subyek uji coba kelompok kecil, pengembangan ini juga melihat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3)Hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif sebesar 85,9% dan 82,3%, dengan berbandingan hasil belajar sebesar 3,6% sedangkan belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah psikomotor sebesar 89,9% dan 88,4% dengan berbandingan hasil belajar sebesar 1,5%.

Dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol baik pada ranah kognitif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil yang diperoleh diketahui bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi tujuan dari penelitian pengembangan.