SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Rahmawati, Reka. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite 8 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing H. Imam Bukhori, S.Pd., M.M., M.Pd

RAHMAWATI REKA

Abstrak


ABSTRAK

Rahmawati, Reka. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite 8 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing H. Imam Bukhori, S.Pd., M.M., M.Pd

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Ispring Suite 8, Teknologi Perkantoran, Hasil Belajar.

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh penting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran teknologi perkantoran di SMK PGRI 1 Jombang diperoleh informasi bahwa belum ada variasi penggunaan media dalam pembelajaran. Sehingga pembelajaran kurang menarik, cenderung monoton, dan membosankan. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media pembelajaran yang bertujuan untuk:

(1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis Ispring Suite 8 dengan melakukan uji coba media pembelajaran berbasis Ispring Suite 8,

(2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Ispring Suite 8 pada kompetensi dasar Menerapkan aplikasi presentasi,

(3) Mengetahui perbandingan hasil belajar pada kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran.

Berdasarkan tujuan tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran  dengan Metode pengembangan 4D dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan meliputi pendefinisian, perancangan,pengembangan dan penyebaran.Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Ispring Suite 8 yang berbentuk file flash .

Hasil penelitian ini berupa:

(1) Media pembelajaran berbasis Ispring Suite 8 pada Kompetensi Dasar Menerapkan Aplikasi perkantoran pada mata pelajaran Teknologi perkantoran yang telah tervalidasi oleh ahli media dan ahli materi.

(2) Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media yang dilakukan sebesar 96,2% dengan kategori valid atau layak digunakan. Sedangkan hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi yang dilakukan sebesar 98% dengan kategori valid atau layak digunakan. Media juga mendapat respon positif peserta didik sebesar 96,1% dengan kategori valid atau layak digunakan yang dikumpulkan melalui angket subyek uji coba kelompok kecil, selain data hasil validasi serta angket subyek uji coba kelompok kecil, pengembangan ini juga melihat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol.

(3)Hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif sebesar 85,9% dan 82,3%, dengan berbandingan hasil belajar sebesar 3,6% sedangkan belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah psikomotor sebesar 89,9% dan 88,4% dengan berbandingan hasil belajar sebesar 1,5%.

Dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol baik pada ranah kognitif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil yang diperoleh diketahui bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi tujuan dari penelitian pengembangan.

 

ABSTRACT

Rahmawati, Reka. 2018. Development of Ispring Suite-Based Learning Media 8 To Improve Learning Outcomes. Sarjana's Thesis, Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: H. Imam Bukhori, S.Pd., M.M., M.Pd

 

Keywords: Learning Media, Ispring Suite 8, Introduction to Office Technology, Learning Outcomes.

Learning media is one factor that has an important influence in the learning process. Based on the results of interviews with office technology subject teachers in SMK PGRI 1 Jombang, information was obtained that there was no variation in media usage in learning. So that learning is less interesting, tends to be monotonous, and boring. This study aims to:

(1) produce Ispring Suite 8 based learning media by conducting Ispring Suite 8 based learning media trials,

(2) knowing the feasibility of Ispring Suite 8-based learning media on basic competencies in implementing Indonesian Language Writing Manuscripts and

(3) knowing the shift in learning outcomes in the experimental class using learning media and compared with the learning outcomes of the control class while not using learning media.

Based on these objectives, the researcher developed a learning media with Sugiyono's development model consisting of 4D method of Thiagarajan, Semmel and Semmel. Research and development steps include defining, designing, developing and disseminating. The result of this research is Ispring Suite 8 based learning media output is flash file. 

The results of this study are in the form of:

(1) Ispring Suite 8-based learning media in Basic Competence Applying office applications in office technology subjects that have been validated by media experts and material experts.

(2) The results of the validation obtained from media experts were 96.2% in the category of valid or appropriate use. While the results of the validation obtained from the material experts conducted by 98% in the category of valid or feasible to use. The media also received a positive response of 96.1% of students with valid or feasible categories that were collected through questionnaires of small group trial subjects, in addition to data from the validation results and questionnaires of the small group trial subjects, this development also saw differences in learning outcomes of class students experiment and control class.

(3) The learning outcomes of the experimental class and the control class in the cognitive domain were 85.9% and 82.3%, with compared learning outcomes 3,6%, while the experimental class and the control class in the psychomotor domain were 89.9% and 88.4% with compared learning outcomes 1,5%.

At last, it can be concluded that the average learning outcomes in the experimental class are higher than the control class in both the cognitive and psychomotor domains. Based on the results obtained, it is known that the learning media developed has met the objectives of development research.