SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH EFIKASI DIRI, MINAT BELAJAR, FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK CENDIKA BANGSA KEPANJEN MALANG

Fatmasari Lutfi

Abstrak


RINGKASAN

Fatmasari, Lutfi. 2019. Pengaruh Efikasi Diri, Minat Belajar, Fasilitas Belajar Di Rumah, dan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sarbini, M.Pd.

 

Kata kunci: efikasi diri, minat belajar, fasilitas belajar di rumah, latar belakang pendidikan orang tua, hasil belajar

Keberhasilan proses belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, faktor yang berasal dari dalam maupun dari luar peserta didik, antara lain efikasi diri, minat belajar, fasilitas belajar di rumah, dan latar belakang pendidikan orang tua. Tujuan penelitian:

(1) Deskripsi efikasi diri, minat belajar, fasilitas belajar di rumah, dan latar belakang pendidikan orang tua;

(2) Deskripsi hasil belajar peserta didik;

(3) Pengaruh efikasi diri, minat belajar, fasilitas belajar, latar belakang pendidikan orang tua secara parsial terhadap hasil belajar peserta didik.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisisi deskriptif analisis regresi linier berganda. Variabel bebas yaitu efikasi diri (X1), minat belajar (X2), fasilitas belajar di rumah (X3), dan latar belakang pendidikan orang tua (X4), dan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen dengan jumlah 256 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling dengan jumlah sebesar 157 peserta didik. Skala dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan rentang 5 alternatif jawaban. Hasil belajar diklasifikasikan sangat kompeten (95 – 100), kompeten ( 90 – 94), cukup kompeten (80 – 89), tidak kompeten (75 - 79), sangat tidak kompeten (0 – 74). Sumber data diperoleh dari data primer yang berasal dari responden dan data skunder diperoleh dari guru tentang niali peserta didik terkait aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pada rapor tahun pelajaran 2018/2019.

Teknik pengumpulan data menggunakan:

(1) Kuesioner; dan

(2) Dokumentasi.

Uji kelayakan instrumen ini dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data desriptif, dan analisisi linier berganda. Sebelum dilakukan analisis berganda, dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikoleniaritas, dan uji heteroskedatisitas.

Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa:

(1) Efikasi diri diklasifikasikan baik;

(2) Minat belajar diklasifikasikan baik;

(3) Fasilitas belajar di rumah diklasifikasikan baik;

(4) Latar belakang pendidikan orang tua diklasifikasikan baik;

(5) Hasil belajar diklasifikasikan cukup tinggi.

Hasil uji asumsi klasik menunjukan bahwa:

(1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik-titik menyebar di sekitar dan mengikuti garis diagonal pada gambar Normal P-P Plot of Regression Standardized Residual;

(2) Model Regresi tidak terjadi multikoleniaritas yang terlihat pada nilai VIF ˂ 10 dan mempunyai angka Tolerance > 0, 10;

(3) Model regresi tidak terjadi heteroskedestisitas terlihat pada grafik scatterplot yang tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar secara acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y.

Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa:

(1) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap hasil belajar peserta didik;

(2) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik;

(3) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar peserta didik;

(4) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara latar belakang pendidikan orang tua terhadap hasil belajar peserta didik. Nilai Adjusted R Square sebesar (-0,004), karena bernilai negatif nilai tersebut dianggap 0, atau dapat dikatakan variabel bebas sama sekali tidak dapat menjelaskan varians dari variabel terikat.

Peneliti menyarankan:

(1) Bagi sekolah sebaiknya menerapkan sikap disiplin pada diri peserta didik, sehingga ketika proses pembelajaran berlangsung peserta didik dapat menerapkan sikap disiplinya dan dapat mengerjakan tugas yang diberikan dengan cepat;

(2) Bagi guru sebaiknya lebih banyak memberikan hadiah kepada peserta didik. Hadiah dapat berupa pujian, nilai maupun hadiah lain yang dapat menumbuhkan minat peserta didik pada mata pelajaran tertentu;

(3) Bagi peserta didik sebaiknya melengkapi fasilitas belajarnya dirumah, sehingga peserta didik dapat belajar dengan mudah secara mandiri dirumah;

(4) Bagi orang tua peserta didik sebaiknya lebih berusaha lagi untuk memberikan waktu menemani anak belajar saat dirumah, sehingga anak akan lebih bersemangat lagi ketika belajar mandiri dirumah;

(5) Saran berikutnya ditujukan kepada peneliti selanjutnya, sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait variabel lain yang diduga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik selain dari efikasi diri, minat belajar, fasilitas belajar, dan latar belakang pendidikan orang tua. Misalnya, faktor kesehatan, cacat tuguh, intelegensi, perhatian, bakat kematangan, kesiapan, faktor kelelahan, relasi antar angota keluarga , keadaan ekonomi keluarga, kegiatan siswa di lingkungan masyarakat, mass media, teman bergaul, bentuk kehidupan masyarakat.

 

SUMMARY

Fatmasari, Lutfi. 2019. The Effect of Self Efficacy, Learning Interest, Home Learning Facilities, and Parents’ Educational Background on the Learning Outcome for the Tenth Grade Students at SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Sarjana’s Thesis, Departement of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Drs. Sarbini, M.Pd.

 

Keywords: self efficacy, learning interest, home learning facilities, and parents’ educational background, learning outcome

The successful of learning process is affected by many factors, factors that come from inside and from outside the student individual, those are the self efficacy, learning interest, on-site learning, education background of parents. The purpose of this research are:

(1) Description of the self efficacy, learning interest, home learning facilities, and parents’ educational background;

(2) Description of student learning outcomes;

(3) The effect of self efficacy, learning interest, on-site learning, education background of parents partially on learning outcomes.

This research is a quantitative research by using descriptive analysis and multiple linier regression analysis. The independent variable is self efficacy (X1), learning interest (X2), home learning facilities (X3), parents’ educational background (X4), and the dependent variable is the learning outcomes (Y). The study population is a tenth grade student at SMK Cendika Bangsa Kepanjen with 256 students. The sample technique use proportionate random sampling technique with 157 students. The scale of this research is the Likert scale with range of 5 alternative answers. Learning outcomes are classified very competent (95-100), competent (90-94), quite competent (80-89), not competent (75-79), not very competent (0-74). Sources of data derived from primary data derived from the respondents and secondary data obtained from teachers about student score related aspect cognitive, affective, and psychomotor in odd semester report card school year 2018/2019.

Data collection technique using a:

(1) Questionnaire; and

(2) Documentation.

Feasibility test instrument to test the validity and reliability. Analysis of the data in this study using descriptive data analysis and multiple linier regression analysis. Prior to the multiple linier regression analysis, to test the classical assumption of normality test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test.

Descriptive analysis showed that:

(1) Self efficacy can be classified good;

(2) Learning interest can be classified good;

(3) Home learning facilities can be classified good;

(4) ), Parents’ educational background can be classified good;

(5) Learning outcomes can be classified quite high.

The classical assumption test results show that:

(1) The regression model has met the assumptions of normality looks of dots spread around and follow the diagonal line on graph. Normal P-P Plot of Regression Standardized Residual;

(2) The Regression model has no multicollinearity seen on VIF ˂ 10 and have a number of Tolerance > 0, 10;

(3) The regression model does not have heteroscedasticity scatterplot graph shown in the picture that do not from a particular pattern and spread randomly over and below the number 0 on the Y  axis.

The results of hypothesis testing, it showed that:

(1) There is no positive effect and significant correlation between self efficacy to student learning outcomes;

(2) There is no positive effect and significant correlation between learning interest to student learning outcomes;

(3) There is no positive effect and significant correlation between home learning facilities to student learning outcomes;

(4) There is no positive effect and significant correlation between parents’ educational background to student learning outcomes. The value of Adjusted R Square is (-0,004), because the value is negative then the value is considered 0, or can be said independent variable did not able to explain varians of dependent variable.

Researcher suggest that:

(1) Schools should apply disciplinary attitude to students, so when the learning process takes place students can apply a dicipline attitude and work on assignments given quickly;

(2) Teachers should give more gifts to students. The prize can be a compliment, value or other gifts that cultivate interest students on specific subjects;

(3) For students should complete his studies facility at home, so student can learn easily independently at home;

(4) For the parents of student should strive again to give time to accompany child while learning at home, so child will be more excited again when independent study at home;

(5) The next suggestion is addressed to researchers next, it needs to be done further research related to other variables which can affect the results of a study of student selfefficacy, interest in learning, home learning facilities, and parents’ educational background. For example, health factors, disability, intelligentsia, attention, talent, maturity, readiness factors of fatigue, the relationship between family economic circumstances, a member of the family, students in the environmental community, mass media, friends hang out, shape people's lives.