SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN DI SMKN 2 BLITAR

SARI ILLYA PUSPITA

Abstrak


ABSTRAK

Sari, Illya Puspita. 2019. Implementasi Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMKN 2 Blitar. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Agung Winarno, M.M.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran SAVI, Keaktifan, dan Hasil Belajar.

Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan jenis penelitian yang bertujuan memaparkan baik proses maupun hasil dan tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas. Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually).

Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Blitar pada siswa kelas X OTKP 3 yang terdiri dari 36 siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan yang di setiap pertemuan terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi. Keaktifan siswa diambil dari nilai afektif siswa sedangkan hasil belajar dari nilai post test selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi.

Analisis data dalam penelitian ini melalui 3 tahap, yaitu:

1) Reduksi Data,

2) Penyajian Data dan

3) Penarikan Kesimpulan.

Dalam model pembelajaran SAVI terdiri dari 4 tahap, yaitu:

1) tahap persiapan,

2) tahap penyampaian,

3) tahap pelatihan, dan

4) tahap penampilan hasil.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Persentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 86% dan menjadi 95% pada siklus II. Artinya persentase keaktifan siswa mengalami peningkatan sebesar 9%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 87 dan menjadi 91 pada siklus II. Artinya rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 4. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I dan siklus II tetap yaitu sebesar 97%. Artinya pada setiap siklus ada 1 siswa yang tidak tuntas dalam pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan yaitu:

1) bagi guru mata pelajaran teknologi perkantoran pembelajaran SAVI Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) dapat dipertimbangkan untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran teknologi perkantoran untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa,

2) bagi siswa hendaknya mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum melaksanakan proses pembelajaran dan memahami mengenai materi yang akan dipelajari dikelas, dan

 

3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian selanjutnya mengenai model pembelajaran SAVI dengan inovatif yang baru.