SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP E-WOM MELALUI E-TRUST (Studi pada Beauty Enthusiast Produk Kosmetik Merek Etude House)

LAVENIA CHINTIA

Abstrak


ABSTRAK

Lavenia, Chintia. 2019. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap eWOM Melalui e-Trust (Studi Pada Beauty Enthusiast Produk Kecantikan Merek Etude House). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Titis Shinta Dhewi, S.P., M.M.

 

Kata Kunci: experiential marketing, e-Trust, eWOM, Etude House.

Perkembangan di dalam dunia kecantikan memang tidak ada habisnya. Trend-trend baru yang terus bermunculan menggantikan trend lama seringkali menjadi panutan bagi peminat kecantikan atau beauty enthusiast, apakah itu dari segi skincare maupun make up. Etude House sebagai salah satu contoh produk kosmetik Korea yang memasuki Indonesia dan berhasil menduduki peringkat pertama yang diminati oleh beauty enthusiast di Indonesia. Berdasarkan fenomena tersebut, konsumen yang sudah mempunyai pengalaman atau experience dalam hal membeli dan memakai produk Etude House akan menghasilkan sebuah kepercayaan online atau e-Trust.

Tujuan akhir dari experiential marketing dan e-Trust ini yaitu agar menciptakan eWOM produk Etude House di Female Daily.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing terhadap eWOM melalui e-Trust pada produk kecantikan merek Etude House.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli dan menggunakan produk kecantikan dari brand Etude House dan telah melakukan eWOMdi Female Daily dengan sampel sebanyak 139 responden. Intrumen penelitian menggunakan kuesioner tertutup dengan skala likert. Skala pengukuran menggunakan skala ordinal. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:

(1) Experiential marketing tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-WOM,

(2) Experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-Trust,

(3) E-Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-WOM,

(4) Experiential marketing mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap e-WOM melalui e-Trust.

Berdasarkan penelitian ini, Etude House diharapkan:

(1)Membuat komunitas layanan konsumen dan pelanggan,

 

(2) Etude House disarankan agar selalu mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk agar sesuai klaimnya.