SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Bisnis Untuk Menjadi Guru Ditinjau Dari Faktor Internal Dan Faktor Eksternal(Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2015)

ISNAENI MAULIDIAH

Abstrak


ABSTRAK

Isnaeni, Maulidiah. 2019. Analisis Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Bisnis Untuk Menjadi Guru Ditinjau Dari Faktor Internal Dan Faktor Eksternal(Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2015). Skripsi, Program Studi Pendidikan Bisnis, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. H. Suwarni, M.Si.

 

Kata Kunci : Kesiapan menjadi guru, faktor internal, faktor eksternal

Program studi pendidikan bisnis di FE UM merupakan salah satu program studi untuk membekali mahasiswa menjadi seorang guru. Mahasiswa telah menerima serangkaian perkuliahan untuk mempersiapkan diri menjadi seorang guru. Kesiapan mahasiswa menjadi guru dapat ditinjau melalui faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesiapan mahasiswa pendidikan bisnis FE UM angkatan 2015 untuk menjadi guru yang ditinjau melalui faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan bisnis FE UM angkatan 2015 yang terdiri dari 95 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan mahasiswa pendidikan bisnis untuk menjadi guru dapat dilihat melalui penguasaan kompetensi keguruan yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Mahasiswa pendidikan bisnis telah menguasai keempat kompetensi tersebut sebagai bekal dalam melaksanakan kegiatan mengajar. Hal tersebut terbukti melalui hasil yang diperoleh mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan praktik mengajar dan kemampuan mahasiswa dalam membuat perangkat pembelajaran. Selain keempat indikator kesiapan keguruan, faktor internal dan faktor eksternal juga menjadi penunjang kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru, terbukti bahwa,

1) mahasiswa telah mampu menguasai kompetensi kesiapan keguruan sebagai bekal dalam melaksanakan kegiatan mengajar,

2) faktor internal yang meliputi sikap dan kepribadian keguruan juga telah dimiliki oleh sebagian mahasiswa, sikap dan kepribadian tersebut terbentuk selama mahasiswa memperoleh ilmu keguruan melalui mata kuliah keguruan yang diterima saat proses perkuliahan,

3) faktor eksternal yang meliputi latar belakang keluarga dan peran teman sebaya cukup menunjang kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru terutama pada latar belakang keluarga. Kesiapan mahasiswa pendidikan bisnis untuk menjadi guru tidak dikuasai sepenuhnya oleh seluruh mahasiswa pendidikan bisnis. Faktor internal dan faktor eksternal juga menjadi latar belakang kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru. Mahasiswa masih perlu melatih dan menguasai kompetensi keguruan bagi mahasiswa yang berkeinginan untuk mempersiapkan diri menjadi seorang guru. Sebab, selama masa perkuliahan di program studi pendidikan bisnis ilmu yang diperoleh hanya sekedar sebagai bekal yang diaplikasikan dalam praktik mengajar (KPL).

 

ABSTRACT

Isnaeni, Maulidiah. 2019. Analysis of Readiness of Business Education Students to become Teachers Reviewed from Internal Factors and External Factors (Case study on Business Education Students Faculty of Economics Malang State University Class of 2015). Sarjana’s Thesis, Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Dr. H. Suwarni, M.Si.

 

Keywords: Readiness to become teachers, Internal factors, External factors

The business education study program at FE UM is one of the study programs that equip students to become teachers. The students has received a series of lectures to prepare himself to become a teacher. Readiness of students to become teachers can be reviewed through internal factors and external factors. The purpose of this research was to analyze the readiness of business education students from class of 2015 FE UM to become teachers who were reviewed through internal factor and external factors. This research uses a qualitative research design with qualitative descriptive research. The key informant in this research. Key informants in this research is business education students from class of 2015 FE UM consisting of 95 students. This research uses sampling techniques with simple random sampling. The data collection techniques used are interview and documentation.

This result of this research indicate that the readiness of business education students to become teachers can be seen through the mastery of teacher competencies which cover pedagogic competence, personality competence, social competence and professional competence. Business education students have mastered these four competencies as a provision in conducting teaching activities. This is proven through the result obtained by students in carrying out practice activities and students ability to make learning devices. Besides the four indicators of teacher readiness, internal factors and external factors also support students readiness to become teachers, proven that,

1) students have been able to master teacher readiness competencies as a provision in teaching activities,

2) internal factors which include the attitudes and personality of a teacher are also shared by several students, this attitude and personality is formed as long as students get teacher training through teacher training course received during the lecture,

3)external factors which include family’s background and the role of peers is enough to support the readiness of students to become teachers, especially in family backgrounds. Readiness of business education students to become teachers is not fully mastered by all business education students. Internal factors and external factors also become the background for students' readiness to become teachers. Students still need to train and master teacher competencies for students who wish to prepare themselves to become a teacher. Because, during the lecture period in the business education study program the knowledge obtained was only a provision applied in teaching practice (KPL).