SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS EDMODO PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI PERKANTORAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Pada Peserta Didik Kelas X OTKP SMK PGRI 2 Malang)

SUGIYANTI DEVI PERMATA

Abstrak


ABSTRAK

Sugiyanti, Devi Permata. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Peserta didik Kelas X OTKP SMK PGRI 2 Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra, M.Si.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Edmodo, Otomatisasi Perkantoran, Hasil Belajar

Salah satu cara untuk mewujudkan pembelajaran yang lebih interaktif sekaligus mampu  meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran adalah dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis Edmodo. Hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pembelajaran Otomatisasi Perkantoran diperoleh informasi bahwa pembelajaran yang dilakukan lebih banyak menggunakan metode ceramah serta penugasan, selain itu sumber belajar yang digunakan oleh peserta didik masih dinilai belum mencukupi untuk menunjang proses pembelajaran. Adapun penelitian ini bertujuan untuk:

(1) Mengembangkan media pembelajaran Edmodo pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur Kegiatan Rapat (Teleconference) kepada peserta didik kelas X OTKP di SMK PGRI 2 Malang,

(2) Mengetahui kelayakan  media pembelajaran Edmodo pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran,

(3) Mengetahui efektivitas media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X OTKP SMK PGRI 2 Malang mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Rancangan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini dari model Borg & Gall yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian sehingga menjadi delapan langkah penelitian. Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Edmodo yang dibuat, peneliti menggunakan angket ahli media, ahli materi dan uji kelompok kecil.

Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu :

(1) produk berupa Edmodo untuk pendidik yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran. Media dalam bentuk word, powerpoint, video, kuis dan polling yang dapat diakses secara dalam Edmodo,

(2) Rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran Edmodo pada ranah kognitif, psikomotorik maupun afektif lebih unggul dibandingkan hasil belajar peserta didik saat melaksanakan pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran Edmodo

Saran pemanfaatan media pembelajaran Edmodo bagi peneliti selanjutnya yaitu agar menambahkan materi lebih lanjut serta menggunakan media pembelajaran Edmodo pada mata pelajaran yang lain.

 

ABSTRACT

Sugiyanti, Devi Permata. 2019. Development Based Learning of Edmodo in Office Automation  to  Improve Learning Outcomes of Students (Study On Class X Students of SMK PGRI 2 Malang). Sarjana’s Thesis, Department of Management, Office Administration Undergraduate Study Program, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor:  Drs. I Nyoman Suputra, M. Si.

 

Keywords: Learning Media, Edmodo, Office Automation, Learning Outcomes

A way to make more interactive learning while being able to increase the activities and learning outcomes of students on the subject of Office Automation is to develop Edmodo based learning media. Based on the observation and interview with Office Automation  teachers, it was found that the learning carried out more using the lecture and assignment methods. Besides, the learning sources used by students are still considered insufficient to support the learning process. So that, this study particularly aims to:

(1) Develop Edmodo learning media on the Office Automation subject Basic Competence Implementing Meeting Activity Procedures (Teleconferences) for class X OTKP students at SMK PGRI 2 Malang,

(2) Find out the feasibility of Edmodo learning media on Automation subject Offices,

(3) find out the effectiveness of learning media in improving learning outcomes of class X OTKP SMK PGRI 2 Malang subjects in Office Automation.

This research uses a type of research and development or Research and Development (R & D). The design model used in this study is based from the Borg & Gall model that has been adapted to the needs of the study so that it becomes a eight-step study. To find out the feasibility of Edmodo learning media, the researcher used a media expert questionnaire, material expert, and small group test.

The results of this research and development are:

(1) product in the form of Edmodo for educators that can be used as a learning medium about Office Automation subjects. Media consists of words, powerpoints, videos, quizzes and polls that can be accessed directly by students who have become members of the Edmodo class group,

(2) The average learning outcomes of students using Edmodo learning media in the cognitive, psychomotor, and affective is more superior compared to the learning outcomes of students when carrying out learning without using Edmodo learning media. This shows that the use of Edmodo learning media on Office Automation subjects is effective in improving the learning outcomes of OTKP class X students at SMK PGRI 2 Malang.

 

There are also suggestions for using Edmodo learning media for the next researcher are to include further materials and adding further material using Edmodo learning media on other subjects.