SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Brand Experience terhadap Brand Loyalty Box Givi melalui Brand Love (Studi pada Komunitas Motor Box Jawa Timur)

ANGGRAINI ARI SETYO

Abstrak


 

ABSTRAK

Anggraini, A. S. 2019. Pengaruh Brand Experience terhadap Brand Loyalty Box Givi melalui Brand Love (Studi pada Komunitas Motor Box Jawa Timur). Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Titis Shinta Dhewi, S.P., M.M.

 

Kata Kunci: brand experience, brand love, brand loyalty, Komunitas Motor Box (KOMBO) Jawa Timur

Di Indonesia banyak bermunculan komunitas motor dengan berbagai visi misi dan kegiatan yang dilakukan. Touring termasuk kegiatan yang pasti dilakukan dan membutuhkan perlengkapan cukup banyak termasuk salah satunya Box. Di Indonesia ada 4 (empat) merek Box terkenal yaitu Givi, Kappa, Shad, dan KMI. Merek Givi memiliki pangsa pasar paling tinggi dan mendominasi. Meskipun demikian, Givi menghadapi persaingan cukup ketat dengan merek lain. Sehingga perlu upaya mempertahankan brand loyalty dengan cara menciptakan brand experience agar konsumen merasakan perbedaan. Setelah merasakan brand experience, mungkin akan mengarahkan konsumen terhadap brand love bila memiliki keterikatan emosional dengan merek. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh brand experience terhadap brand loyalty Box Givi melalui brand love pada Komunitas Motor Box (KOMBO) Jawa Timur.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian descriptive research dan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah anggota KOMBO Jawa Timur yang diwakili 5 (lima) kabupaten atau kota yaitu: Surabaya, Sidoarjo, Malang, Kediri, dan Madiun dengan kriteria menggunakan Box Givi minimal 1 (satu) tahun dan tidak menggunakan merek lain. Metode penentuan sampel menggunakan sampling jenuh dengan jumlah sampel 95 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner tertutup dengan skala likert. Skala pengukuran menggunakan skala ordinal. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur.

Berdasarkan hasil analisis, kesimpulan dari hasil penelitian sebagai berikut: (

1) Brand experience pada Komunitas Motor Box (KOMBO) Jawa Timur termasuk dalam kategori baik atau berpengalaman terhadap Box Givi. Brand love pada Komunitas Motor Box (KOMBO) Jawa Timur termasuk dalam kategori baik atau cinta terhadap Box Givi. Brand loyalty pada Komunitas Motor Box (KOMBO) Jawa Timur termasuk dalam kategori baik atau loyal terhadap Box Givi.

(2) Brand experience terbukti tidak berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap brand loyalty.

(3) Brand experience terbukti berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap brand love.

(4) Brand love terbukti berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap brand loyalty.

(5) Terdapat pengaruh tidak langsung secara positif dan signifikan antara brand experience terhadap brand loyalty melalui brand love.

 

Berdasarkan hasil penelitian, saran yang bisa disampaikan kepada perusahaan Givi Spa adalah lebih memperhatikan brand love. Bila perusahaan Givi Spa ingin meningkatkan brand love maka yang paling menguntungkan adalah meningkatkan brand attachment khususnya dengan mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk dari Box Givi. Tetapi dibagian brand attachment juga ada yang perlu diperbaiki yaitu dibagian meningkatkan perasaan cinta konsumen terhadap Box Givi. Hal tersebut bisa ditingkatkan dengan cara memberikan informasi berkaitan dengan keunggulan produk Givi melalui web dan instagram resmi Givi. Selain itu, dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa pengaruh dari brand experience terhadap brand loyalty yang awalnya (sebelum memasukkan brand love) signifikan menjadi tidak signifikan setelah memasukkan brand love ke dalam model persamaan regresi. Salah satu alasannya karena brand equity dari Box Givi telah kuat. Dipenelitian selanjutnya mungkin bisa menambahkan variabel brand equity untuk melihat pengaruh brand equity terhadap brand loyalty Box Givi melalui brand love .