SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-Module Berbasis Digital Flipbook Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada pesertadidik kelas X OTKP SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang).

Anisa Dewi

Abstrak


ABSTRAK

Anisa, Dewi, 2019. Pengembangan E-Module Berbasis Digital Flipbook Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada peserta didik kelas X OTKP SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing  Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd, M.M.

 

Kata Kunci :E-Module, Flipbook, Administrasi Umum, Hasil belajar

Pengembangan e-module Administrasi Umum sangat dibutuhkan karena belum adanya modul yang diperuntukkan untuk peserta didik. Pengembangan e-module ini betujuan untuk:

(1) Menghasilkan e-module pada matapelajaran Administrasi Umum berbasis Flipbook untuk peserta didik kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen,

(2) Mengetahui kelayakan e-module pada matapelajaran Administrasi Umum berbasis Flipbook untuk peserta didik kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen melalui validasi ahli materi dan ahli media,dan

(3) Mengetahui efektifitas e-module pada matapelajaran Administrasi Umum berbasis Flipbook untuk peserta didik kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen dengan cara mengukur perbedaan pada hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan media dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media.

Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Borg & Gall dengan langkah-langkah yang telah disesuaikan dengan keadaan lapangan dan batas waktu yang diberikan sekolah, yaitu

(1) Potensi dan masalah;

(2) Pengumpulan data;

(3) Desain Produk;

(4) Validasi desain;

(5) Revisi desain;

(6) Ujicoba produk;

(7) Revisi produk;

(8) Ujicoba pemakaian;

(9) Produk akhir.

Validasi e-module dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan 6 peserta didik.

Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh sebesar 93,63% yang dinyatakan sangat valid, sedangkan hasil validasi oleh ahli media diperoleh sebesar 97,64% yang dinyatakan sangat valid. Hasil uji coba terbatas yang dilakukan secara langsung dikelas untuk mengetahui kemenarikan dan kemudahan media untuk dipahami peserta didik yang telah diterapkan memperoleh hasil sebesar 95,9% yang dinyatakan sangat menarik dan mudah dipahami. Setelah melaksanakan pembelajaran pada kelas kontrol dan kelas ekeperimen diperoleh rata-rata nilai post test aspek kognitif untuk kelas kontrol sebesar 80,53 dan untuk kelas eksperimen 91,27. Dan untuk hasil praktik nilai psikomotorik kelas kontrol sebesar 79,98 dan kelas ekperimen sebesar 91,84. Jadi, berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan e-module dapat dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

 

Saran untuk peneliti berikutnya yaitu untuk mempelajari produk ini terutama software Flipbook PDF Corporate untuk kemudian dikembangkan produk yang lebih kreatif dan inovatif dengan menghubungkan beberapa software. Materi yang tersedia dalam e-module hanya berbasis pada satu kompetensi dasar pada matapelajaran Administrasi Umum kelas X OTKP, untuk peneliti disarankan agar menambahkan materi yang lebih luas. Selanjutnya disarankan pada peneliti untuk melakukan validasi ahli materi dan ahli media lebih dari satu oarng, sehingga kualitas e-module. Menjadi lebih baik.