SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kepuasan Pengguna Lulusan Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 1 Turen Malang Angkatan Tahun 2014/2015 dan 2016/2017

RISTANTI NUNUNG

Abstrak


RINGKASAN

Ristanti, N. 2019. Analisis Kepuasan Pengguna Lulusan Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 1 Turen Malang Angkatan Tahun 2014/2015 dan 2016/2017. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Sutrisno, M.M.

 

Kata Kunci: kepuasan, pengguna lulusan.

SMK bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk dapat mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian, serta menyiapkan peserta didik untuk memasuki lapangan kerja sesuai dengan keterampilan dan kebutuhan DU/DI dan mengembangkan sikap profesional. Namun, dalam pelaksanaanya masih terdapat permasalahan sehingga menimbulkan ketidakpuasan DU/DI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pengguna lulusan program keahlian pemasaran SMK Negeri 1 Turen Malang angkatan tahun 2014/2015 dan 2016/2017.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Informan utama dalam penelitian ini terdiri dari 6 lulusan Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 1 Turen Malang angkatan tahun 2014/2015 dan 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Prosedur penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Keabsahan data menggunakan rekan kerja dan sumber referensi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan pengguna lulusan adalah baik terbukti bahwa,

1) masa tunggu lulusan pendek bahkan rata-rata tidak memiliki masa tunggu. Hal ini dikarenakan adanya kerjasama antara SMK dengan DU/DI dalam penyaluran tamatan atau lulusan. DU/DI yang bekerja sama dengan SMK khususnya program keahlian pemasaran diantaranya PT SAI Mojokerto, Optik Internasional, Matahari, Alfamart, Indomaret, Ramayana, dan Hypermart,

2) aktivitas dalam masa tunggu singkat bahkan rata-rata tidak memiliki aktivitas selama masa tunggu. Lulusan tidak memiliki masa tunggu maka tujuan program keahlian pemasaran tercapai. Tujuannya yaitu menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kompetensi pemasaran berbasis kecakapan hidup yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja,

3) kepuasan pengguna lulusan baik. Kepuasan tersebut dilihat dari

a) kinerja,

b) interaksi pegawai,

c) reliabilitas dan

d) ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas, yang dilaksanakan sesuai dengan harapan dan kebutuhan pengguna lulusan,

4) adanya kegiatan training yang diberikan oleh DU/DI kepada lulusan ketika menjadi pegawai baru dengan baik dan sesuai bidang kerjanya sehingga kinerja dari lulusan baik dan sesuai dengan harapan (puas) pengguna lulusan atau atasan. DU/DI yang memberikan kegiatan training diantaranya DPU Bina Marga Turen, SPBU Sanggrahan Bululawang, Toko Emas Barokah Pasar Baru Dampit, Gramedia Matos, PNM Mekaar Cabang Kalipare, dan Ramayana Alun-Alun Kota Malang.

Penelitian ini memiliki saran,

1) SMK Negeri 1 Turen diharapkan melakukan treasure study yang lebih baik, agar dapat digunakan untuk evaluasi  terhadap lulusan yang telah dihasilkan apakah memenuhi standar kompetensi yang sesuai pada dunia kerja. Proses pengumpulan data tracer study bisa dilakukan dengan berbasis website/online sehingga mudah untuk dijangkau. Lulusan keahlian pemasaran SMK Negeri 1 Turen angkatan tahun 2014/2015 dan 2016/2017 diharapkan untuk selalu berusaha memberikan kinerja yang baik yaitu dengan tidak membawa permasalahan pribadi ke dalam pekerjaan,

2) kepada peneliti selanjutnya, untuk melakukan penelitian lanjutan yaitu dengan melakukan penelitian lebih dalam setiap aspek yang menjadi fokus pada penelitian ini yaitu kepuasan pengguna lulusan sehingga diperoleh hasil yang lebih lengkap dan lebih kompleks terkait setiap aspek penelitian.