SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN E-MODULE BERBASIS SIGIL DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi pada Siswa Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen)

OKTAVIANTI TRI WAHYUNI

Abstrak


ABSTRAK

Oktavianti, T.W. 2019. Pengembangan E-module Berbasis Sigil dengan Model Discovery Learning pada Mata Pelajaran Korespondensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Siswa Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen). Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Yuli Agustina, S. Pd., S. E., M. M.

 

Kata Kunci: e-module, sigil, discovery learning, korespondensi, hasil belajar

Salah satu wujud bahan ajar yang dapat dikembangkan di era digitalisasi saat ini adalah e-module. Pengembangan e-module ini dirancang menggunakan software sigil dengan susunan sesuai tahap model discovery learning sehingga bahan ajar elektronik lebih menarik dan peserta didik mampu menemukan poin-poin penting dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah

(1) menghasilkan bahan ajar berupa e-module berbasis Sigil dengan model Discovery Learning pada mata pelajaran Korespondensi kelas X program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen;

(2) mengetahui tingkat kelayakan e-module yang dikembangkan melalui uji validasi para ahli dan respon dari peserta didik terhadap e-module; dan

(3) mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan e-module berbasis sigil dengan model discovery learning pada mata pelajaran Korespondensi dengan peserta didik yang tidak menggunakan.Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan mengadaptasi model 4-D (four D model).

Pengembangan model ini terdiri dari empat tahap, yaitu:

(1) tahap pendefinisian (define),

(2) tahap perancangan (design),

(3) tahap pengembangan (develop), dan

(4) tahap penyebaran (disseminate).

Instrumen pengumpulan data diperoleh dari angket, observasi, wawancara, dan tes. Penelitian terdiri dari validatormedia oleh dosen Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang, validator materi oleh guru mata pelajaran Korespondensi SMK Negeri 1 Turen, 9 siswadalam uji coba terbatas, 35 siswa kelas X OTKP 1, dan 33 siswa kelas X OTKP 2 di SMK Negeri 1 Turen.

 

Berdasarkan penelitian dan pengembangan e-module berbasis sigil dengan model discovery learning diperoleh hasil bahwa e-module dikategorikan “sangat valid” ataue-module sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran tanpa perbaikan. Hal tersebut ditunjang dengan aktivitas peserta didik yang menunjukkan antusias dalam menggunakan e-module, mampu menyimpulkan, dan menemukan poin-poin penting dalam pembelajaran secara mandiri. Selain itu, terdapat perbedaan hasil belajar yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan e-module. Untuk penelitian serupa di masa yang akan datang sebaiknya mengembangkan e-module yang dapat digunakan langsung tanpa mengunduh reader dan form yang dilampirkan dalam latihan soal dapat diakses secara offline.